Sendok Dari Tempurung Kelapa Ala Rumahan Dan Pastinya Bagus

Sendok Dari Tempurung Kelapa-Sendok adalah alat yang digunakan manusia untuk menikmati hidanngan di depannya. Sendok biasanya terbuat dari besi atau alumunium. Nah akan tetapi dahulu ia masih tebuat dari tanah liat atau kayu.Sekarang sendok yang terbuat dari tanah liat atau kayu sudah susah sekali ditemui. Namun anda tetap bisa membuatnya sendiri. Buatnya dari batok kelapa.

Sendok Dari Tempurung Kelapa

Batok kelapa yang kita manfaatkan adalah yang tua , sebab kalau anda pilih yang muda pastinya tidak bisa. Nah batok kelapa tua juga sangat mudah ditemukan. Anda bisa memintanya ke pedagang es degan pastinya mereka akan membagikan gratis bila ada orang yang membutuhkanya.

Baiklah, ingin tahu cara pembuatannya bagaimana? Yuk simak dibawah proses pembuatannya.

1.Sendok Dari Tempurung Kelapa

Sendok Dari Tempurung Kelapa

Bahan Dan Alat:

  • Batok kelapa kecil
  •  Stik
  • Lem kayu
  •  Spidol
  • Penggaris
  • Gergaji kecil
  •  Vernis

Cara Membuat Sendok Dari Tempurung Kelapa:

  1.  Buatlah pola oval seperti sendok dan beri tanda pada stik.
  2. Potong seseuai pola yang sudah dibuat.
  3.  Buat pola pada potongan batok kelapa yang sudah dibersihkan dengan mesin pengupas batok kelapa dan pola telah di buat. Ini digunakan sebagai penyambung.Sambungkan antara stik atau ganggang dengan batok kelapa.
  4. Oleskan lem kayu pada keduanya. Tunggu sampai kering terus kita vernis agar lebih mengkilap.
  5. Dan kita uji coba sendok yang sudah anda buat.

Sendok Dari Tempurung Kelapa

Sendok Dari Tempurung Kelapa

Tempurung atau yang biasa disebut batok kelapa merupakan sisa-sisa dari buah kelapa.

Walaupun merupakan sisa-sisa dari buah kelapa, namun batok kelapa masih bisa di manfaatkan lagi.

Salah satu contoh pemanfaatan batok kelapa ialah dengan cara membuatnya menjadi sebuah kerajinan tangan. Tetapi biasanya batok kelapa dijadikan arang batok kelapa.

Di Indonesia pohon kelapa tumbuh dengan begitu subur.

Tanaman tersebut sangatlah berguna dan juga bermanfaat. Dari akar pohon hingga daun kelapa semuanya sangat berguna dan juga bermanfaat.

Pohon kelapa dapat di manfaatkan untuk banyak hal. Mulai dari batang pohon, daun tanaman kelapa, hingga buahnya biasa dimanfaatkan untuk keperluan dan juga kebutuhan manusia.

Batang pohon kelapa, daun kelapa, hingga buah kelapa dapat anda kreasikan menjadi benda-benda yang memiliki nilai seni.

Baca Juga:7 Olahan Sabut Kelapa

Bagian batok kelapa sering di gunakan sebagai bahan untuk kerajinan.

Membuat kerajinan dari batok kelapa juga merupakan salah satu dari bentuk pemanfaatan limbah batok kelapa yang sudah tak digunakan lagi.

Batok kelapa ini merupakan benda serbaguna serta fungsional.

Apa itu batok kelapa? Batok kelapa merupakan bagian kulit keras yang membungkus buah kelapa. Batok kelapa terletak pada bagian setelah serabut kelapa.

Sisa-sisa yang berasal dari buah kelapa yang sudah di ambil daging buahnya dan batoknya yang di gunakan untuk kerajinan. Pada umunya batok kelapa digunakan untuk dijadikan sebagai arang atau bahan pembakaran.

Batok kelapa bisa di dapatkan di pasar tradisional dengan harga yang murah meriah, bahkan kamu bisa mendapatkannya secara gratis.

Biasanya pedagang di pasar mengumpulkannya untuk dijadaikan arang. Batok kelapa nantinya akan di jual untuk keperluan membakar yang di cari pedagang sate.

Biasanya ada juga yang menjualnya dalam jumlah kiloan atau bisa juga perkarung. Harganya akan jauh lebih murah bila membelinya dalam jumlah banyak.

Sekian tentang sendok dari tempurung kelapa ala rumahan semoga bisa membantu selamat berkreasi dan mencoba.