Sampo Bawang Mengatasi Rambut Rontok

Sampo bawang – Masalah kerontokan rambut, juga dikenal sebagai alopecia, terkadang sulit diobati. Banyak orang kehilangan kepercayaan diri karena kebotakan, dan merasa rambut mereka tidak lagi sehat. Ya, efek kerontokan rambut harus ditanggapi dengan serius.

Sifat emosional dari rambut rontok juga bisa membuat kita rentan tertipu oleh beberapa produk sampo yang menjanjikan solusi cepat, tanpa efek samping. Nah, selain melindungi rambut Anda dengan beberapa produk vitamin rambut, ternyata Anda bisa mengobati rambut rontok dengan sampo berbahan bawang putih.

Bawang putih memiliki sifat antibiotik yang membantu mencegah kerontokan rambut yang disebabkan oleh bakteri. Sifat antibiotik bawang putih membantu kulit kepala dalam mengatasi masalah dan juga dapat menebalkan rambut.

Bawang putih membantu memulihkan kesehatan rambut yang telah melalui banyak kerusakan akibat bahan kimia dan panas. Namun, klaim tersebut seringkali tidak berdasar, dan hanya sebagai bentuk promosi untuk menjual suatu produk.

Untungnya, ada metode yang dicoba dan diuji untuk membantu menemukan sampo yang tepat untuk rambut rontok. Penelitian menunjukkan bahwa sejumlah produk alami membuat sampo dengan hasil yang menggembirakan.

Salah satu temuan yang lebih mengejutkan adalah bahwa mengoleskan sampo berbahan dasar bawang bombay ke kulit kepala dapat menyebabkan pertumbuhan rambut.

Shampoo bawang

Cara Membuat Sampo Bawang

  1. Kumpulkan 200 gram umbi bawang merah segar.
  2. Potong kecil-kecil.
  3. Ekstrak bawang merah disaring dengan menuangkannya ke atas kain muslin.
  4. Tambahkan ekstrak bawang bombay (biasanya antara 1-3 mililiter) ke dalam sampo alami yang terbuat dari minyak kelapa, minyak jarak, kayu putih, dan pembersih.

Terungkap, bila dioleskan ke kulit selama lima menit—lebih lama dari sampo biasa, campuran itu tidak mengiritasi kulit.

Manfaat Sampo Bawang

Ada empat manfaat sampo bawang bombay yang perlu Anda ketahui jika Anda adalah orang yang memiliki masalah kesehatan rambut. Bawang dikatakan telah menunjukkan sifat positif untuk kesehatan rambut.

Flavonoid, vitamin, mineral, dan fitokimia lainnya yang terkandung dalam bawang bombay menjadikannya pilihan yang baik untuk melengkapi rutinitas kecantikan Anda.

Namun, ada bukti terbatas tentang efek sampo bawang pada kesehatan rambut. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan keampuhannya. Dirangkum dari situs Mejorconsalud, berikut beberapa penelitian yang menunjukkan manfaat shampo bawang untuk kesehatan rambut.

1. Pertumbuhan Rambut

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Drug Delivery and Therapeutics mengungkapkan bahwa bawang bombay meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

2. Hidrasi dan Revitalisasi Nutrisi

Dalam bawang bombay juga bermanfaat dalam membantu rambut kering dan rapuh kembali sehat. Bawang bombay, seperti dilansir sebuah artikel di Life Science Journal, mengandung flavonoid seperti campeferol dan quercetin, yang berperan sebagai antioksidan dan anti inflamasi. Zat ini mampu meminimalisir efek berbahaya dari radikal bebas pada rambut. Ini juga membantu meningkatkan aliran darah dan transportasi nutrisi. Oleh karena itu, penggunaan sampo bawang bombay dapat membuat rambut lebih terhidrasi dan halus.

3. Mengurangi Kerontokan Berlebihan

Penelitian dalam The Journal of Dermatology menyimpulkan bahwa bawang memiliki potensi sebagai pengobatan untuk alopecia atau kerontokan rambut. Namun, diperlukan lebih banyak bukti untuk memperkuat potensi bawang merah dalam mengurangi kerontokan rambut.

4. Kontrol Ketombe

Obat-obatan yang menggunakan bawang bombay sebagai bahan dasarnya menjadi suplemen yang banyak digunakan untuk memerangi ketombe. Sebuah penelitian dalam Journal of Phytotherapy menyimpulkan bahwa bawang merah dapat diandalkan untuk mengobati penyakit jamur, terutama Malassezia furfur yang menyebabkan ketombe.

Demikian adalah beberapa manfaat dari sampo bawang dan cara pembuatanya, untuk mempermudah pekerjaan membuat sampo bawang kita bisa menggunakan produk mesin pengupas bawang untuk lebih mempercepat proses pembuatan. Selamat mencoba!

BACA SELNGKAPNYA : Modal Usaha Jus Buah