Review Snatch, Sebuah Komedi Gangster yang Lebih Berkelas dan Menghibur

Film berdurasi 102 menit ini membawa 2 cerita berbeda latar belakang yang akhirnya dihubungkan oleh sebuah peristiwa. Kisah pertama tentang kelompok perampok spesialis pencuri berlian. Kelompok tersebut dipimpin oleh Frank. Suatu hari, mereka berhasil mencuri berlian 86 karat dari Antwerp lalu berencana untuk menjualnya kepada seorang penadah bernama Doug yang ada di London.

Di tengah perjalannya menuju London, Frank bertemu kawanan penjahat lain yang ingin menjebaknya. Penjahat tersebut merekomendasikan Frank untuk membeli senjata-senjata baru dari seseorang yang bernama The Blade. Di luar dugaannya, ternyata kawanan penjahat tersebut sudah berhasil menggondol berlian curian Frank. Rencana bertemu Doug dan menjual berlian mahal itu pun terancam.

Sementara bagian cerita lainnya dari film ini menceritakan tentang seorang promotor dan para petinjunya, yaitu Turkish dan Mickey. Entah bagaimana, pertandingan tinju kemudian melibatkan mereka dalam sebuah konflik. Menariknya, berlian yang dicuri oleh Frank tadi menyatukan kedua cerita ini menjadi bagian yang utuh dari film Snatch ini. Jangan banyak protes karena memang pada dasarnya ini adalah film crime-comedy yang tak sebegitu serius. Katakanlah ini adalah film komedi tentang gangster tetapi lebih keren dari biasanya.

Dilansir dari RenaMovies.com film yang mengangkat tema tentang gangster London ini disebut-sebut sebagai versi Hollywood dari Lock, Stock and Two Smoking Barrels (1998) yang juga disutradarai oleh Guy Ritchie. Tentu saja karena Snatch menggunakan deretan aktor kenamaan meskipun masih membawa ide, tema dan konflik yang identik dengan film pertama. Dalam film ini Kamu bisa menikmati penampilan yang keren, jantan dan penuh gaya dengan aksen yang khas pula, yaitu aksen khas England. Inilah yang kemudian membuat film ini menjadi tontonan yang berkualitas.

Meskipun menawarkan aksi dengan tema gangster, film ini sepertinya lebih fokus pada komedi yang dihadirkan secara lebih stylish. Maklum saja karena film ini diarahkan oleh Guy Ritchie yang terkenal dengan sinematografinya yang khas oleh Tim Maurice-Jones. Film ini juga membawa kuantitas karakter yang cukup banyak dan diperkenalkan dalam ritme yang cukup cepat. Untungnya, Kamu bisa dengan mudah mengenali masing-masing dari properti, aksesori, ciri fisik maupun ras. Dengan kata lain, setiap karakter di sini memiliki karakteristik yang kuat. Dan para pemain membawakannya juga dengan maksimal.

Plot yang digunakan dalam Snatch mungkin sedikit berbelit. Walau begitu, mereka tetap menyenangkan untuk disimak dan sering pula tak terduga. Misalnya, ada beberapa kali kematian yang berakhir secara konyol dan mengundang gelak tawa. Begitu pula dengan bagaimana masing-masing karakter dipertemukan, ada banyak hal bodoh yang bakal Kamu temui. Secara keseluruhan, Snatch tetap menjadi hiburan yang menyenangkan untuk ditonton penuh karakter gila, yang diperankan dengan sangat baik dalam naskah yang lucu serta twist-plot yang menyenangkan.