Resep Masak Ikan Salmon Sederhana Enak ala Rumahan

RESEP MASAK IKAN SALMON SEDERHANA ENAK ALA RUMAHAN

Resep masak ikan salmon sederhana enak

Resep masak ikan salmon sederhana enak

Avalonsantaclara – Pada artikel ini saya akan membahas tentang resep masak ikan salmon sederhana enak. Resep ini bisa kalian coba sendiri di rumah.

Ikan salmon sangat terkenal sebagai ikan yang kaya akan nutrisi. Kandungan dalam ikan salmon sangat banyak dan beragam. Kandungan tersebut pastinya memiliki fungsinya masing-masing yang sangat berguna untuk tubuh manusia.

Ikan salmon bisa diolah menjadi banyak jenis masakan. Ikan salmon pun bisa diolah menjadi olahan masakan yang sederhana namun tetap enak.

Manfaat Ikan Salmon

olahan ikan salmon

olahan ikan salmon

Ikan salmon memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh manusia. Manfaat tersebut diantaranya:

1. Meningkatkan Daya Ingat dan Fungsi Otak

Salmon kaya akan kandungan omega-3. Kandungan ini, bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat dan fungsi otak.

Asam lemak omega-3 bersama dengan vitamin A, vitamin D, dan selenium dapat mencegah kerusakan sistem saraf, bekerja sebagai antidepresan, dan menenangkan otak. Konsumsi salmon pada anak-anak dapat mencegah ADHD.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsitonin adalah salah satu kandungan dalam ikan salmon. Fungsinya untuk meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang untuk membantu mencegah osteoporosis dan penyakit sendi seperti osteoarthritis.

Selain kalsitonin, kesehatan tulang Anda juga akan terjaga, karena ikan salmon mengandung kalsium yang diperlukan untuk tulang.

3. Mencegah Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Kandungan omega-3 dalam ikan salmon membantu menurunkan kolesterol darah, menjaga kelenturan pembuluh darah, memperkuat otot jantung, dan memperbaiki kerusakan jaringan jantung dan pembuluh darah.

Kandungan ikan salmon juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan menurunkan kolesterol dan mencegah kekakuan dan penyumbatan dinding arteri, sehingga mencegah serangan jantung. Oleh karena itu, manfaat makan ikan salmon dapat mencegah tekanan darah tinggi, serangan jantung, aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah), dll.

4. Mengontrol Berat Badan

Mengkonsumsi ikan salmon secara rutin diduga dapat membantu menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Seperti makanan kaya protein lainnya, salmon membantu mengatur hormon yang mengontrol nafsu makan dan membuat Anda kenyang.

Selain itu, setelah mengonsumsi makanan kaya protein seperti salmon, metabolisme Anda akan meningkat lebih tajam dibandingkan dengan makanan lain.

Penelitian telah menunjukkan bahwa salmon mengandung lemak omega-3, yang dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi lemak perut.

5. Melawan Proses Peradangan

Manfaat ikan salmon lainnya yaitu melawan peradangan. Para peneliti percaya bahwa peradangan adalah penyebab utama sebagian besar penyakit kronis, termasuk penyakit diabetes, jantung, dan kanker.

Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi lebih banyak salmon membantu mengurangi penanda peradangan pada orang yang berisiko terkena penyakit yang disebabkan oleh proses peradangan.

Ikan salmon dan ikan berlemak lainnya dapat membantu mengurangi peradangan, yang dapat mengurangi faktor risiko beberapa penyakit kronis dan memperbaiki gejala pada orang dengan kondisi tersebut.

6. Membantu Mengatasi Kesulitan Tidur

Kualitas tidur yang buruk di malam hari tentunya dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Hal ini perlu disikapi, salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan ikan salmon untuk membantu mengatasi insomnia.

Kandungan dalam ikan salmon yaitu triptofan merupakan obat penenang alami sehingga sangat cocok untuk penderita insomnia.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Selain untuk kesehatan otak dan jantung, asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan salmon juga baik untuk kesehatan mata. Manfaat salmon yaitu mencegah mata lelah, mata kering, dan degenerasi makula terkait mata.

Degenerasi makula terkait mata adalah kondisi yang terjadi pada orang tua. Keluhan yang terjadi, seperti kehilangan penglihatan di bagian tengah mata akibat kerusakan saraf optik.

8. Sumber Vitamin B yang Baik

Ikan salmon adalah sumber vitamin B yang sangat baik. Vitamin B merupakan salah satu kandungan dalam ikan salmon yang terlibat dalam beberapa proses penting di dalam tubuh Anda, antara lain:

  • Mengubah makanan yang Anda makan menjadi energi.
  • Membuat dan memperbaiki struktur DNA.
  • Mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan penyakit jantung.
  • Menjaga kesehatan otak.

Sebuah penelitian telah melaporkan bahwa semua vitamin B dapat bekerja sama untuk menjaga otak dan sistem saraf Anda bekerja secara optimal.

Baca artikel lainnya : Resep Masakan Ikan Salmon Sederhana Ala Rumahan

Cara memasak ikan salmon tidaklah sulit. Namun, memasak ikan salmon juga tidak bisa sembarangan. Jangan sampai Anda malah menghilangkan kandungan nutrisi dalam ikan salmon. Simak resep masak ikan salmon sederhana enak di bawah ini.

Resep Masak Ikan Salmon Sederhana Enak

Nasi Goreng Ikan Salmon

nasi goreng ikan salmon

nasi goreng ikan salmon

Bahan yang digunakan;

  • 200 gr ikan salmon
  • 2 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 100 gr jagung pipil
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 1 buah wortel
  • 600 gr nasi putih
  • 1 batang daun bawang
  • ½ sendok teh garam
  • minyak wijen
  • kecap ikan
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat nasi goreng ikan salmon yang lezat:

  1. Siapkan ikan salmon dan potong kotak berukuran kecil.
  2. Setelah itu, iris bawang merah dan cincang halus bawang putih dan cabai merah.
  3. Rebus jagung pipil hingga matang. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Kemudian, ambil wortel. Potong kotak wortel lalu rebus hingga matang.
  4. Potong serong daun bawang.
  5. Setelah menyiapkan semua bahan dan bumbu, buat nasi gorengnya. Siapkan wajan dan minyak goreng untuk menumis. Panaskan minyak gorengnya.
  6. Masukan bawang putih dan bawang merah saat minyak sudah panas. Aduk merata dan tumis hingga harum. Kemudian tambahkan cabai rawit. Aduk hingga merata.
  7. Selanjutnya masukan ikan salmon. Aduk hingga merata dan ikan salmon berubah warna.
  8. Kemudian, tambahkan nasi dan bumbu (minyak wijen dan kecap ikan). Aduk-aduk hingga merata.
  9. Tambahkan bahan (daun bawang, jagung, wortel dan garam). Aduk hingga merata.
  10. Apabila sudah matang, sajikan nasi goreng ikan salmon.

Resep Masak Sup Ikan Salmon

Bahan yang dibutuhkan;

  • 500 gram ikan salmon fillet
  • 4 siung bawang putih dan bawang merah
  • ¼ bawang bombay
  • 1 ruas jahe
  • 2 buah batang serai,
  • sayuran seperti kentang, wortel dan brokoli,
  • daun seledri,
  • daun bawang,
  • garam dan penyedap rasa secukupnya

Cara membuat sup ikan salmon:

  1. Marinasi ikan salmon dengan dibaluri menggunakan jeruk nipis terlebih dahulu. Marinasi selama kurang lebih 20 menit.
  2. Tumis bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay hingga mengeluarkan aroma wangi.
  3. Setelah itu, masukkan jahe dan ikan salmon ke dalam tumisan.
  4. Tambahkan garam, penyedap rasa dan air secukupnya. Ungkep sebentar lalu tambahkan minyak wijen secukupnya.
  5. Kemudian tambahkan air untuk kuah, masukkan sayuran (kemtang, brokoli, dan wortel), dan masak hingga mendidih dan sayurannya matang.
  6. Jika sudah matang, sup siap disajikan.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga membantu. Stay safe!