Perbedaan Daging Sapi Dan Kerbau Untuk Berbagai Sajian

Perbedaan daging sapi dan kerbau sebenarnya mudah untuk dilihat.Kedua daging ini mempunyai ciri yang berbeda untuk anda ketahui. Daging sapi dan daging kerbau memang tergolong daging merah (red meat) yang banyak dikonsumsi sesudah daging ayam. Kedua daging ini cukup banyak untuk penuhi permintaan pasar kuliner yang ada di Indonesia.

Perbedaan Daging Sapi Dan Kerbau

Perbedaan Daging Sapi Dan Kerbau

1.Warna Daging

Pada kenyataannya, warna daging sapi dan juga kerbau tak telalu berbeda, sama-sama mempunyai warna merah. Tetapi, tetap ada hal yang membedakan warna pada dua daging ini. Pada daging sapi biasanya cenderung memiliki warna yang lebih pucat. Sedangkan, pada daging kerbau mempunyai warna merah yang begitu pekat, cenderung agak gelap dari warna daging sapi. Daging kerbau terbilang lebih berwarna menyala di bandingkan dengan daging sapi.

2.Serat Daging

Pada tampilan yang terlihat, daging sapi dan kerbau mempunyai perbedaan yang siginifikan pada seratnya. Struktur serat daging pada sapi dan kerbau akan dapat dilihat secara jelas jika dibandingkan. Pada daging sapi memiliki serat yang lebih halus. Untuk daging kerbau memiliki serat yang lebih kasar dan juga lebih padat sehingga bisa lebih terlihat jelas.

3.Tekstur Daging

Struktur serat padat membuat tekstur yang dimiliki daging kerbau cenderung lebih keras di bandingkan dengan daging sapi yang lebih empuk. Pada proses pengolahan saja, daging kerbau harus lebih lama di masak untuk hasilkan kematangan yang tepat. Waktu yang diperlukan untuk memasak daging sapi tentu lebih sebentar dibandingkan daging kerbau. Misalnya untuk capai keempukkan yang sempurna, daging sapi membutuhkan waktu satu jam, sedangkan daging kerbau dapat mencapai dua jam.Pada saat memotong agar lebih cepat dengan mesin potong daging.

4.Lemak

Berikutnya perbedaan daging sapi dan juga kerbau berada pada lemaknya. Lemak ialah golongan lipid yang timbul karena senyawa organik tubuh, lemak ini tak bisa larut di dalam air sehingga banyak di temui menempel pada lapisan daging. Ternyata warna lemak di daging sapi dan kerbau memiliki warna yang cukup berbeda. Pada daging sapi tentunya lemak akan berwarna putih ke kuningan dan juga cenderung ada warna seperti keruh pada jaringan lemaknya. Sedangkan pada lemak daging kerbau warnanya lebih mengarah pada putih susu dan cerah.

5.Bau

Bau daging-dagingan mempunyai ciri khas tersendiri. Tetapi pada daging sapi dan juga daging kerbau tak memiliki bau yang cukup menyengat seperti halnya daging kambing. Kedua daging ini cenderung memiliki bau yang tidak terlalu menggangu penciuman. Bau atau aroma daging kerbau memiliki aroma lebih pekat dibanding dengan daging sapi. Bau daging sapi cenderung lebih ‘light’, sedangkan pada daging kerbau memiliki aroma yang mudah tercium pada saat mendekatinya, inilah yang membuat bau kerbau tergolong pekat. Penyebab bau pada daging karena bawaan genetik daging itu sendiri. Hormon pengerat bau pada daging kerbau lebih tinggi dibandingkan dengan daging sapi. Tentunya bau daging kerbau akan terasa lebih menyengat dibanding daging sapi. Baca Juga:Resep Membuat Steak Daging Semua perbedaan daging ini memang karena adanya bawaan genetik dari kedua hewan, baik sapi ataupun kerbau. Namun daging kerbau yang telah di sembelih, termasuk usia tua pada kerbau. Inilah yang menyebabkan tingkat keliatan tekstur daging kerbau. Demikian informasi mengenai perbedaan daging sapi dan kerbau yang wajib anda ketahui. Semoga bermanfaat.