Pentingnya Sistem Pengembangan SDM Pada Sebuah Perusahaan

SDM (Sumber Daya Manusia) atau karyawan merupakan bagian yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Karyawan dapat disebut sebagai aset yang dimiliki oleh sebuah perusahaan, karena keberhasilan sebuah perusahaan hanya dapat dicapai karena memiliki karyawan yang kompeten, bertanggung jawab, dan dapat melakukan tugas – tugasnya dengan baik. Kualitas kerja karyawan yang baik tentunya akan memberikan dampak yang positif, baik itu untuk perusahaan maupun untuk karyawan itu sendiri. Untuk dapat bersaing dengan perusahaan – perusahaan lain, diperlukan karyawan – karyawan atau SDM yang berkualitas pula. Untuk dapat mewujudkannya, diperlukan adanya sebuah program pelatihan atau pengembangan untuk setiap karyawan yang bekerja di perusahaan.

 

Sistem pengembangan SDM ini akan sangat bermanfaat baik bagi perusahaan maupun para karyawan yang bekerja disana. Dengan adanya sistem pengembangan SDM ini, para karyawan akan semakin bertambah pengetahuan dan juga kemampuannya sehingga dapat membantu perusahaan semakin berkembang dan dapat bersaing dengan perusahaan – perusahaan lainnya. Selain dapat membantu mengembangkan kemampuan para karyawan, adanya sistem pengembangan SDM ini juga dapat mencegah resiko terjadinya kecelakaan kerja. Seperti yang kita ketahui, kecelakaan kerja sering terjadi akibat kurangnya pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh para karyawan. Dalam melaksanakan sistem pengembangan SDM, perusahaan juga perlu mengetahui pengembangan seperti apa yang dibutuhkan oleh para karyawannya, mengingat setiap pengembangan tentunya akan memberikan efek yang berbeda untuk para karyawan. Pemilihan pengembangan SDM yang salah malah akan memberikan dampak yang buruk. Bukannya memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baru, para karyawan nantinya akan kebingungan dan akhirnya malah membuat kesalahan – kesalahan yang besar. 

 

Dampak Yang Timbul Apabila Perusahaan Tidak Melaksanakan Sistem Pengembangan SDM

pengembangan sdm

Apabila sistem pengembangan SDM tidak dilakukan dalam suatu perusahaan, maka akan timbul dampak – dampak seperti dibawah ini :

  1. Sering terjadi kesalahan ketika bekerja yang nantinya dapat menyebabkan kecelakaan kerja
  2. Hasil kerja yang tidak sesuai dengan standar kerja perusahaan
  3. Produktivitas dalam bekerja yang akan semakin menurun
  4. Tidak adanya loyalitas dari para karyawan pada perusahaan
  5. Produksi dapat terhambat akibat kurangnya pengetahuan dan kemampuan dalam melaksanakan tugas
  6. Muncul rasa tidak puas dari para karyawan terhadap perusahaan yang kemudian dapat membuat para karyawan menjelek – jelekkan perusahaan
  7. Hubungan antara perusahaan dengan para karyawannya tidak dapat berkesinambungan

 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa sistem pengembangan SDM merupakan hal penting yang perlu dilaksanakan agar tujuan perusahaan dapat tercapai dengan lebih cepat. Sistem pengembangan SDM yang tidak dilaksanakan juga dapat menghambat kerja perusahaan. Apabila hal tersebut terjadi, baik perusahaan maupun para karyawannya akan mengalami kerugian. Perusahaan akan terancam bangkrut, sedangkan karyawan nantinya mau tidak mau harus di PHK.

Itulah sedikit penjelasan mengenai pentingnya sistem pengembangan SDM untuk dilakukan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa di kesempatan – kesempatan berikutnya !