Peluang Usaha Desa Yang Patut Dicoba, Ternak Domba Menghasilkan Jutaan

Bagi Anda yang tinggal di desa dan sedang bingung berkhayal peluang usaha apa yang bisa diambil dan dikerjakan mungkin beternak domba bisa jadi solusinya. Kini usaha beternak domba menjadi banyak ditekuni oleh banyak orang lebih-lebih warga desa yang mana di desanya tetap banyak terkandung lahan-lahan yang berumput.

Perlu Anda ketahui bahwa peluang usaha beternak domba ini merupakan salah satu peluang usaha desa yang menjanjikan kala ini. Banyak pelaku usaha yang sudah merasakan dan nikmati keuntungan dari hasil beternak domba.

Beternak domba bisa menghasilkan keuntungan yang tinggi, hal ini sebab keinginan pasar dapat domba yang tinggi dan tetap minimnya pelaku usaha beternak domba. Inilah yang menjadikan beternak domba merupakan peluang usaha desa yang patut Anda coba. Apabila Anda bisa menjalankan dan mengelola usaha beternak domba dengan langkah dan sistem yang baik dan benar, sudah pasti dapat menghasilkan mengolah domba cocok dengan yang diharapkan.

Mencoba menggeluti usaha beternak domba sebenarnya gampang-gampang sulit, namun yang paling utama terkecuali mendambakan terjun di dunia usaha adalah keinginan berkomitmen dan kerja keras. Dalam menjalankan usaha beternak domba kesabaran dan ketelatenan supaya usaha beternak dombanya bisa terjadi lancar dan menghasilkan hasil yang menguntungkan.

Untuk memulai usaha beternak domba ini Anda tidak perlu modal dengan jumlah yang banyak. Mengenai langkah perawatan dan pemeliharaan dombanya pun bisa dikerjakan dengan mudah. Layaknya beternak hewan lainnya, dalam beternak domba termasuk dibutuhkan ketelatenan dan ketekunan, ini adalah keliru satu kunci berhasil dalam usaha beternak domba.

Berikut ini merupakan langkah beternak Domba Dorper untuk pemula yang dilansir dari gdmorganic.com, Anda bisa mencoba nya dengan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

 

1. Memilih Bibit Domba Unggul

Cara beternak domba diawali dengan penentuan bibit domba yang unggul baik untuk bibit betina maupun jantan. Hal ini sebab penentuan bibit domba merupakan segi mutlak dalam mengolah domba-domba dengan mutu tinggi.

Untuk indukan betinanya Anda bisa menentukan yang sehar dengan ciri:

Badan domba besar, panjang dan simetris
Selaput matanya tidak pucat
Badannya tidak kegemukan (sedang)
Bulu tidak kusam dan kaku
Tidak cacat, ekor normal dan wujud perut normal
Memiliki ambing besar, putting susu lengkap dan tidak berpenyakit
Umur lebih kurang 1,5 – 2 tahun

Nafsu kawin yang tinggi

Untuk indukan jantan termasuk menentukan yang sehat dengan ciri yang nyaris serupa layaknya indukan betina yang membedakan yakni menentukan yang mempunyai cuping hidung lembab, terdapatnya sepasang testis, bentuknya normal, dan mempunyai tonjolan tulang kaki yang besar serta berasal dari induk yang dulunya melahirkan anak lebih dari 2 ekor.

 

2. Menyediakan Kandang Domba

Langkah selanjutnya yakni sebabkan kandang domba yang baik:

Kandang terbuat dari kayu dan wajib kuat, kokoh.
Pastikan kandang mendapat cahaya matahari yang cukup, ada ventilasi, dan terhindar dari banjir, serta ringan untuk dibersihkan
Buat lubang untuk penampungan kotoran dan saluran pembuangan terhadap lebih kurang kandang.
Sediakan area pakan dan minum
Beri lampu untuk penerangan
Sediakan Ember, Sekop, sapu, sikat, tali, selang air untuk perlengkapan kebersihannya
Sedikan alat kesehatan dan timbangan
Chooper

3. Menyediakan Pakan Domba

Pemberian pakan terhadap domba wajib cocok dan memenuhi kebutuhannya yakni untuk sistem pertumbuhan, reproduksi, dan produksi. Pakan yang diberikan wajib mempunyai kandungan zat protein, karbohidrat, mineral, lemak, vitamin dan air. Perlu Anda ketahui bahwa domba biasanya mengkonsumsi pakan lebih kurang 10%-20% dari bobot tubuhnya dan minum sebanyak 3-4 liter/hari. Pakan domba sendiri terdiri dari 2 macam, yakni pakan hijauan (rumput dan dedaunan) dan pakan kosentrat serta tak lupa berikan suplemen organik untuk domba.

4. Pemeliharaan Ternak Domba

Dalam perawatan dan pemiliharaan domba yang wajib diperhatikan pertama kali adalah kebersihan kandang dan sekitarannya. Hal ini punya tujuan untuk merawat kesehatan domba-domba yang diternakan supaya terhindar dari wabah penyakit. Selain itu dombanya pun termasuk wajib dibersihkan, tersebut ini langkah bersihkan domba dan lingkungannya:

Mandikan domba lebih kurang seminggu sekali
Cukurlah bulu domba untuk menahan bulu menggumpal/gembel
Potong termasuk kuku domba yang panjang supaya terhindar dari kontaminasi bakteri
Bersihkan kandang dari kotoran domba dan sisa pakannya
Semprotkan disinfektan terhadap lingkungan lebih kurang kandang
Cek dengan rutin gudang penyimpanan pakan untuk jauhi tumbuhnya jamur.

Itulah tadi langkah beternak domba bagi pemula, Anda bisa mencoba peluang usaha beternak domba di desa Anda. Siapa mengerti usaha beternak domba yang Anda melakukan bisa menghasilkan hasil yang untungkan dan bisa berfungsi untuk diri Anda maupun penduduk sekitar.