Pasar Kanoman Cirebon surganya kuliner lokal yang lezat

Ditengah gempuran produk panganan dari luar negeri yang tak hanya bertengger di etalase swalayan. Ternyata masih ada pasar tradisional yang tetap eksis menjajakan kuliner khas suatu daerah. Bagi wisatawan pengguna layanan travel Jakarta Cirebon tentu tak asing dengan pasar kanoman.

pasar kanoman cirebon nalatra.com

Pasar kanoman cirebon terkenal dengan pedagang yang mayoritas menjual makanan tradisional indonesia. Tentu yang paling banyak adalah makanan khas indonesia yang berasal dari kawasan Cirebon dan sekitarnya.

Kuliner tradisional selain harga nya murah, kelezatan dan rasa yang ditawarkan sungguh menggoda lidah untuk terus mengunyah. Bila anda pergi ke pasar kanoman dengan mudah ditemui jenis makanan yang disebut dengan lemper. Jenis kudapan ini sangat familiar di telinga kebanyakan orang.

Lemper adalah jenis makanan yang dibuat dari ketan dengan isi  daging sapi atau daging ayam. Sebagian lain lemper dapat berisi oncom ataupun abon dengan pembungkus daun pisang berwarna hijau.

Selain lemper ada makanan khas indonesia yang bernma risol. Makanan yang satu ini bebentuk bulat panjang yang bisa berisi telor ataupun sayuran. Ada juga penjual yang meodifikasi makanan ini dengan isi mayones. Serupa tapi tak sama ada makanan yang populer dengan sebutan pastel. Dengan bentu yang hampir sama dengan risol pastel lazimnya berisi bihun dan potongan daging.

Bila anda suka rasa manis, silahkan beli makanan yang disebut botok roti. makanan ini adalah salah satu khas cirebon karena hanya bisa anda temui di wilayah sekitar Cirebon. bahan dasar botok roti adalah roti tawar yang dicampur dengan gula jawa serta santan. Media pembungkus yang umum digunakan untuk botok roti biasanya dari daun pisang. Bila bulan ramadhan tiba anda akan menemui camilan nikmat ini diwaktu menjelang berbuka puasa.

Anda yang gemar dengan kelapa parut dicampur gula merah bisa mencoba kue dadar gulung. Ada juga beberapa jenis kue lapis yang diberi sentuhan warna dari bahan organik. dan masih banyak jenis kue lain yang bisa anda temui di pasar kanoman cirebon.

Pasar kanoman berlokasi di jalan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa barat. selain kue tradisional anda bisa juga membeli berbagai kebutuhan pokok sehari hari di pasar ini.