Mudah, Ini Cara Mendirikan Perseroan Perorangan!

Pendirian PT Perorangan bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda, para pelaku Usaha Mikro Kecil (UKM) yang ingin meningkatkan level bisnisnya. Jenis PT baru ini muncul seiring dengan penetapan Undang-Undang Cipta Kerja nomor 11 tahun 2020.

Jika dibandingkan dengan jenis PT lain pada umumnya, syarat pendirian PT Perorangan terbilang relatif lebih sederhana. Anda pun kini bisa mengurus prosedur pendiriannya dengan lebih mudah, dengan cara memanfaatkan fasilitas online.

Mengenal PT Perorangan dan Persyaratan Pendiriannya

Pendirian suatu badan usaha berbentuk persero biasanya mengharuskan adanya keterlibatan minimal dua orang pendiri. Selain itu, Anda juga harus mengurus pembuatan akta notaris dan menyiapkan modal sedikitnya sebesar Rp50 juta.

Khusus untuk PT Perorangan, pendiriannya hanya perlu melibatkan satu orang saja. Anda juga cukup menyiapkan sehelai surat pernyataan resmi terkait pendirian PT tersebut dan tidak perlu membuat akta notaris.

Besarnya modal untuk mendirikan PT Perorangan ini pun bisa Anda tentukan sendiri berdasarkan kapasitas keuangan. Anda hanya tetap perlu memenuhi persyaratan modal disetor sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar PT.

Prosedur Pendirian PT Perorangan Secara Online

Pemerintah kini telah menyediakan sebuah situs resmi untuk memfasilitasi prosedur pendaftaran berdirinya berbagai jenis badan usaha, termasuk PT Perorangan. Situs tersebut bernama Administrasi Hukum Umum atau AHU.

Adapun prosedur untuk mendirikan PT Perorangan melalui AHU adalah sebagai berikut:

  • Buat akun

Untuk membuat akun, pertama-tama Anda perlu mengakses situs AHU dan pilih menu AHU Perseroan Perorangan pada halaman beranda. Selanjutnya, klik Daftar dan isilah form registrasi elektronik dengan data identitas Anda sesuai arahan sistem.

Setelah proses registrasi ini selesai, Anda akan menerima email verifikasi pembuatan akun yang berisi username serta password.

  • Login

Gunakan username serta password yang telah Anda terima untuk Login ke menu AHU Perseroan Perorangan. Setelah itu, Anda bisa memulai prosedur pendirian PT yang antara lain meliputi tahap pemeriksaan nama dan pengisian form registrasi elektronik.

Jika Anda membutuhkan bantuan atau informasi lebih lanjut terkait pendirian PT Perorangan, website Legalyn (https://www.legalyn.id/) bisa menjadi salah satu referensi terpercaya.