Modal Usaha Jualan Bakso Lengkap dengan Rinciannya

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang Modal Usaha Jualan Bakso. Langsung aja baca pembahasan rinciannya di bawah ini,

Bakso merupakan salah satu kuliner yang paling disukai masyarakat, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Penjual bakso banyak dijumpai di mana-mana, karena di setiap daerah di Indonesia, mulai dari pedesaan sampai perkotaan, pasti ada yang berjualan bakso dengan berbagai ciri khasnya.

Bakso bisa dijual dengan berbagai cara, mulai dari penjual keliling, tenda pinggir jalan, warung, hingga rumah makan besar. Harga per porsi yang ditawarkan pun relatif terjangkau untuk siapa saja. Karena banyak peminatnya, usaha jualan bakso ini seolah tidak pernah mati dari dulu hingga sekarang.

Terlebih lagi, usaha bakso tidak membutuhkan modal yang cukup besar untuk memulai usahanya. Bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuatnya pun mudah didapat. Anda bisa menggunakan mesin pembantu misalnya, mesin pencetak bakso untuk membantu memproduksi bakso.

Mengapa harus Usaha Jualan Bakso? Karena selain banyak peminatnya, bakso memiliki rasa yang enak dan gurih. Bakso ini terbuat dari campuran tepung tapioka, bumbu-bumbu dengan gilingan daging yang kemudian dibentuk bulatan kecil.

Untuk daging gilingnya, bisa menggunakan daging sapi, daging ayam, ikan, maupun udang. Bakso akan lebih terasa nikmat jika disajikan dengan kuah panas yang berisi mie bihun dengan sedikit sayuran, dan ditambah sambal, saus dan kecap.

Potensi usaha bakso memang sangat menjanjikan karena pangsa pasarnya sudah jelas tersedia. Penjual bakso juga bisa mendapat keuntungan yang lebih besar dengan rasa yang lezat, inovasi dalam pembuatan dan penyajian, serta kualitas dan pelayanan yang baik.

Meskipun sudah banyak yang menekuni usaha jualan bakso, namun peluang usaha yang satu ini masih cukup cemerlang dan memiliki potensi yang bagus untuk siapa saja yang ingin memulainya dengan perencanaan yang baik dan sungguh-sungguh.

Modal Usaha Jualan Bakso

modal usaha jualan bakso

  • Modal Awal

KEBUTUHANHARGA
Gerobak/EtalaseRp 3.000.000
Alat masakRp 2.000.000
Alat makanRp 1.000.000
Lain-lainRp 500.000
TOTALRp 6.500.000
  • Biaya Operasional

KEBUTUHANHARGA
Bahan makananRp 10.000.000
Sewa tempatRp 1.000.000
Lain-lainRp 500.000
TOTALRp 11.500.000

Tips Memulai Usaha Jualan Bakso

modal usaha jualan bakso

  • Lokasi Penjualan

Ketika ingin memulai suatu usaha, pilihlah tempat yang strategis dan ramai dilalui ornag-orang. Untuk pilihan lokasi yang bisa Anda jadikan pilihan untuk jualan bakso misalnya, sekitar kampus atau sekolah, area pabrik atau perkantoran, stasiun atau terminal dan juga di area pasar.

  • Harga Bakso

Karena bakso sudah banyak dijual dimana-mana, banyak orang yang sudah mengetahui harga bakso. nah ini bisa Anda jadikan patokan untuk menawarkan harga balso Anda. Sehingga pelanggan nantinya tidak kaget dengan harga yang Anda tawarkan.

Harga bakso yang terlalu mahal tidak akan diminati oleh pelanggandan ini tentunya akan membuat usaha bakso Anda sepi pelanggan.

  • Kualitas Rasa Bakso

Usaha di bidang kuliner mungkin akan menomor satukan kualitas rasa dari kuliner tersebut. Tidak masalah jika Anda berinovasi dengan bakso untuk membuat menu bakso yang berbeda dengan bakso di tempat lain. Namun Anda juga harus tetap memperhatikan kualitas rasanya.

  • Pelayanan Kepada Pembeli

Selain beberapa tips diatas, ada faltor lain yang harus Anda terapkan ketika jualan yaitu pelayanan kepada pembeli yang ramah. Meskipun rasa bakso Anda disukai oleh pembeli, namun pelayanan yang Anda berikan kepada pembeli kurang baik maka hal tersebut juga akan mempengaruhi pembeli.

Oleh karena itu, sangat penting memberikan pelayanan yang ramah dan juga memuaskan kepada pembeli. Anda bisa mengajak pembeli berbicara atau sedikit memberikan lelucon untuk membuat pembeli merasa nyaman. Dengan begitu pembeli akan merasa dekat dan bisa menjadi pelanggan setia di usaha jualan bakso Anda.

  • Memberikan Diskon 

Untuk bisa membuat pelanggan tertarik, tentu saja Anda harus mempunyai sesuatu yang menarik. Selain dengan memberikan varian menu bakso yang unik, Anda bisa juga memberikan diskon kepada pembeli bakso di tempat usaha bakso Anda.

Anda bisa memberikan diskon di hari-hari tertentu seperti bulan ramadhan, hari jadi tempat usaha Anda, atau Jumat berkah. Selain itu Anda juga bisa memberi diskon dengan cara yang lain misalnya memberikan free minuman kepada pembeli bagi yang memborong bakso Anda.

  • Kebersihan Tempat Usaha Bakso

Yang satu ini, jangan sampai Anda lalai untuk menerapkannya yaitu menjaga kebersihan tempat usaha bakso Anda. Jika tempat usaha bakso anda bersih dan rapi, mkan pembeli akan merasa nyaman untuk makan bakso di tempat Anda.

  • Melakukan Strategi Promosi

Ketika baru memulai usaha bakso tentunya Anda perlu melakukan promosi untuk menarik pembeli agar datang dan membeli bakso di tempat jualan Anda. Anda bisa melakukannya dengan memasang spanduk, menyebar brosur, atau dengan cara lain yang bisa membuat pelanggan tertarik.

Demikian artikel tentang Modal Usah Jualan Bakso, semoga bermanfaat bagi yang ingin memulai usaha bakso. Bagi Anda yang berminat memulai usaha bakso dengan keliling, Anda bisa baca artikel tentang Usaha Bakso Keliling untuk mengetahui tips-tips memulai usahanya.