Membayar Zakat Bisa Menggunakan 6 Aplikasi Ini

Membayar zakat adalah salah satu kewajiban Muslim, terutama di bulan suci Ramadhan, yaitu Zakat Fitrah atau Zakat Mall. Namun, karena keberadaan pandemi virus Corona atau Covid-19, pembayaran Zakat Fitrah tidak dapat ditahan secara langsung. Ini karena penduduk harus pindah ke rumah untuk mengurangi risiko penularan virus korona.

Bagi Anda yang ingin membayar Zakat tanpa harus meninggalkan rumah, tenang saja. Sebab, sekarang ada sejumlah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk membayar kewajiban di bulan suci. Berikut adalah beberapa aplikasi dompet digital untuk e-commerce yang dapat Anda gunakan untuk membayar zakat.

1. Dana melalui dompet digital ini, Anda dapat membayar zakat Anda tanpa harus berturut-turut.

Saat ini dana telah bekerja sama dengan dompet Dhuafa sebagai mitra untuk menyalurkan zakat yang Anda bayar. Metode ini juga cukup mudah, yaitu memasuki aplikasi dana, klik fitur Dompet Dhuafa dan pilih jenis zakat yang Anda inginkan. Kemudian, masukkan data dan nominal yang ingin Anda bayar dan klik Bayar Zakat untuk membayar.

2. LinkAJA Melalui LinkAJA Fitur Bagikan pada aplikasi Digital Link Dompet, Anda juga dapat membayar zakat Anda.

LinkAJA telah bekerja dengan beberapa mitra untuk mendistribusikan zakat Anda seperti National Amil Zakat Agency (Baznas), Fast Action (ACT), Dompet Dhuafa, dan Rumah Zakat.

 

3. Tokopedia Jika Anda tidak tahu bagaimana jumlah zakat yang harus Anda bayar, tidak perlu khawatir.

Karena, melalui akun tokopedia, Anda dapat menghitungnya dengan bantuan kalkulator zakat yang disediakan. Tokopedia bekerja dengan Baznas, Dompet Dhuafa, panti asuhan, Rumah Zakat, dan Nu Care-Lazisnu untuk membayar Zakat Fitrah. Adapun mal Zakat disalurkan melalui Dompet Dhuafa, Baznas, panti asuhan, Zakat House, Lembaga Amil Zakat Al-Azhar, Nu Care-Lazisnu, Lazismu, dan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI).

 

4. Bukalapap melalui fitur Bolazzakat, Bukalapak memberikan kemudahan bagi Anda untuk membayar zakat.

Metode ini cukup mudah, yaitu untuk memasuki fitur bolazakat, pilih jenis zakat apa yang ingin Anda bayar, ketikkan nominal dan pilih ke institusi apa yang ingin Anda saluran. Setelah itu, klik Bayar Zakat.

 

5. Platform Shopee E-commerce Shopee menyajikan layanan pembayaran zakat untuk penggunanya melalui fitur Shopee Barokah.

Metode ini hampir sama dengan e-commerce lainnya, yang memasuki jumlah orang yang ingin dibayar oleh zakat, mengisi nomor telepon, alamat email, dan nama zakat. Kemudian setelah itu, klik Bayar Sekarang.

 

6. Gojek Unicorn Gojek meluncurkan program Esedekah untuk membayar Zakat.

Tahun ini, selama Maret dan April, transaksi pembayaran Zakat telah meningkat dengan menggandakan. Caranya adalah Anda memasukkan akun gojek Anda, lalu tekan fitur GOGIVE, pilih Zakat, lalu pilih Distributor Zakat. Setelah itu klik zakat sekarang.