Masuk Kuliah di Masa Pandemi untuk Mahasiswa Baru

Setelah berjuang untuk masuk ke kampus impian, kini adalah saatnya untuk nikmati buah berasal dari bisnis kamu. Apakah kamu udah siap menyambut dunia perkuliahan dan menyandang status mahasiswa? Masa perkuliahan di Kampus Profetik tentu saja bakal terlampau tidak serupa bersama dengan bangku SMA dan kamu memerlukan adaptasi diri. Apalagi, masa pandemi COVID-19 saat ini masih mengharuskan kamu untuk mengawali perkuliahan secara daring.

Nggak harus bingung, nggak harus galau. Bagi kamu para mahasiswa baru, harus selalu motivasi untuk meniti kuliah secara efektif. Nah untuk memudahkan kamu, simak pernah lebih dari satu tips masuk kuliah untuk mahasiswa baru di masa pandemi selanjutnya ini.

 

1. Siapkan mental dan prinsip untuk kuliah mandiri

Akibat pandemi virus corona, pemerintah mengharuskan kampus untuk melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau daring kepada mahasiswanya. Untuk itu, perihal pertama yang paling penting dipersiapkan adalah kesiapan mental serta prinsip untuk menjalankan kuliah berdiri sendiri berasal dari rumah. Kurangnya prinsip mampu mengakibatkan kamu lalai dan kurang persiapan dalam hadapi awal masa perkuliahan. Ingat, tahun pertama kuliah terlampau penting untuk jadi pondasi kamu dalam menjalankan dunia perkuliahan ke depan.

 

2. Persiapkan layanan perkuliahan daring bersama dengan lengkap

Tak hanya persiapan mental, kamu termasuk harus menyiapkan layanan yang lengkap untuk membantu sistem perkuliahan online. Beberapa perihal yang penting untuk kamu punya adalah koneksi internet, laptop, smartphone, dan aplikasi penunjang kesibukan kuliah daring. Aplikasi ini meliputi Google Meet, Zoom Meeting, Skype, Google Classroom, dan sebagainya. Bahkan, lebih dari satu kampus pun udah sedia kan situs resmi untuk memudahkan mahasiswa hadapi sistem perkuliahan online. So, jangan lupa cari jelas termasuk ya sistem perkuliahan di kampusmu.

 

3. Catat jadwal kuliah bersama dengan cermat

Sebagai mahasiswa baru, kesibukan akademik pasti jadi prioritas utama. Nah supaya kamu mampu meraih materi kuliah secara efektif, sebaiknya susunlah dan catat jadwal kuliah daring yang bakal kamu ikuti. Penyusunan jadwal ini penting untuk menentukan konsep perkuliahan kamu sepanjang satu semester ke depan.

 

4. Buat kondisi studi yang nyaman

Setelah lebih dari satu bulan meniti sistem studi jarak jauh pasti kamu udah merasa terbiasa. Namun, sistem pembelajaran di bangku kuliah tentu saja bakal berbeda. Agar kamu mampu lebih berkonsentrasi dan menangkap materi kuliah secara lebih baik, sebaiknya cari lokasi yang tenang dan jauh berasal dari masalah yang mampu memecah konsentrasi. Lengkapi termasuk daerah belajarmu bersama dengan beragam perlengkapan yang membantu seperti papan catatan, alat tulis, dan sebagainya.

 

5. Segera kerjakan tugas yang diberikan dosen

Agar kamu tidak kewalahan, sebaiknya jangan tumpuk tugas yang diberikan oleh dosen hingga mendekati deadline. Menunda tugas bakal mengakibatkan kamu kesusahan untuk menyelesaikan tugas bersama dengan efektif, supaya mampu mengakibatkan stres. Dengan tidak menahan-nahan pekerjaan, kamu pun mampu lebih baik dalam mengatur saat dan kesibukan kuliah daring bakal merasa lebih ringan.

 

6. Manajemen saat yang baik

Jadwal kuliah daring serta tugas-tugas yang diberikan oleh dosen cenderung mengakibatkan kami menatap layar laptop hampir seharian. Untuk itu, tips yang tak kalah penting adalah mengakibatkan manajemen saat yang baik untuk mengatur kegiatanmu setiap harinya. Kamu mampu mencoba menempatkan alarm terhadap smartphone supaya tidak bakal ada jadwal kuliah yang tertinggal dan termasuk mampu membagi saat antara studi dan bermain.

 

7. Tetap jaga kesehatan fisik dan mental

Berdiam diri di tempat tinggal untuk saat yang lama mampu mengakibatkan kamu rentan stres dan jenuh. Tidak ada salahnya menyisihkan saat untuk hiburan supaya semangatmu selalu terjaga dan anggapan mampu fresh kembali. Selain itu, jangan lupa meluangkan diri berolahraga dan pastikan kamu mengonsumsi vitamin serta makanan bergizi untuk memelihara kesehatan di masa pandemi. Fisik dan mental yang sehat pasti bakal terlampau berpengaruh terhadap sistem studi yang efektif.