Manfaat Pisang Ambon

Manfaat pisang ambon bagi kesehatan dapat Anda peroleh jika Anda mengonsumsinya secara rutin. Pisang ambon sendiri biasanya merupakan salah satu jenis buah buahan yang sering diberikan kepada anak anak. Rasanya yang manis, maka tak heran buah ini disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Tidak sulit untuk menemukan pisang ambon. Dari pasar tradisional hingga supermarket biasanya menyediakan pisang ini. Pisang diketahui mengandung pektin dan potasium tingkat tinggi. Dimana keduanya merupakan sumber serat yang baik untuk tubuh Anda.

Manfaat Pisang Ambon

Tak hanya itu, pisang juga mengandung vitamin B6 dan vitamin C selain magnesium. Meski pisang mentah atau matang, pisang tetap memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. Sebuah penelitian menemukan bahwa tingkat nutrisi pisang ambon dapat meningkat ketika sudah matang.manfaat pisang ambon

Oleh karena itu, jika Anda mengkonsumsinya secara rutin, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan. Jika Anda tertarik dengan manfaat pisang ambon untuk kesehatan, berikut rangkumannya.

Sistem Pencernaan yang Sehat

Keunggulan pisang ambon yang pertama adalah dapat menyehatkan sistem pencernaan dan efektif untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang dapat mengawali proses buang air besar. Diketahui bahwa pisang dapat menyediakan 10 persen kebutuhan serat harian untuk tubuh Anda.

Selain itu, kehadiran vitamin B6 juga membantu mereka yang sedang melakukan program diet. Bahkan pisang adalah makanan diet yang sangat baik dengan rasa manis dan membuat Anda kenyang.

Penelitian mengatakan bahwa pisang memiliki pati resisten yang mampu mendukung kesehatan usus serta mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Mencegah Stres dan Depresi

Selain dapat menyehatkan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan, pisang ambon juga dapat membantu mengatasi depresi. Hal ini disebabkan adanya kadar triptofan yang tinggi yang kemudian diubah menjadi serotonin.

Dengan begitu, neurotransmiter otak Anda akan membuat suasana hati Anda lebih baik dan lebih rileks.

Selain itu, ada juga vitamin B6 magnesium yang bisa membuat tidur lebih nyenyak dan mengendurkan otot. Karena itu, Anda tidak akan mengalami stres dan depresi.

Menyehatkan Jantung

Manfaat pisang ambon selanjutnya adalah dapat membuat jantung lebih sehat. Hal ini disebabkan kandungan potasium berupa elektrolit mineral menyebabkan listrik mengalir ke seluruh bagian tubuh yang dibutuhkan untuk menjaga detak jantung.

Selain itu, kalium dan natrium dalam pisang ambon juga mampu menjaga sistem kardiovaskular pada tekanan darah tinggi.

Meningkatkan Daya Tahan

Pisang ambon juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, terutama saat berolahraga. Penelitian telah menunjukkan bahwa pisang mungkin menjadi bahan utama dalam minuman olahraga yang akan menggantikan elektrolit tubuh yang hilang.

Tidak hanya itu, pisang ambon juga dapat memberikan manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan minuman olahraga biasa. Hal ini dikarenakan kandungannya berupa serat, vitamin B6 alami, potasium dan karbohidrat.

Mengurangi Tekanan Darah

Manfaat pisang ambon dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan kandungan potasium pada pisang. Bahkan American Heart Association (AHA) telah memberikan saran untuk mengonsumsi makanan tinggi kalium untuk membantu penderita tekanan darah tinggi menurunkan tekanan darahnya.

Kalium sendiri diketahui dapat menurunkan tekanan darah dengan cara mengurangi jumlah natrium dalam tubuh.

Mencegah Diabetes

Diketahui bahwa jika Anda mengalami kurang tidur, hal ini dapat memberikan potensi terjadinya diabetes gestasional. Untuk menghindari kondisi ini, Anda bisa menggunakan pisang ambon.

Adanya magnesium dan triptofan pada pisang ambon dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak di malam hari dan tentunya terhindar dari bahaya penyakit tersebut.

Mencegah kanker

Manfaat pisang ambon mungkin untuk mencegah kanker. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang mengklaim bahwa jika Anda makan pisang secara teratur, Anda dapat mencegah kanker ginjal.

Bahkan dalam sebuah penelitian juga dikemukakan bahwa wanita yang makan 4 sampai 6 buah pisang dalam seminggu, mampu mengurangi separuh risikonya untuk terkena kanker ginjal.

Membuat Tulang Lebih Kuat

Pisang ambon mengandung fructooligosaccharides, yang merupakan karbohidrat non-pencernaan yang mendorong priviotik. Zat ini dikenal sangat baik untuk sistem pencernaan dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium. Jika Anda makan pisang ambon secara rutin setiap hari, Anda akan merasakan tulang Anda menguat.

Inilah 8 keunggulan kedua buah pisang yang sangat istimewa dan hanya sedikit orang yang mengetahuinya. Selain kaya manfaat dan mudah ditemukan, pisang ambon juga bisa diolah menjadi kripik pisang. Dari sekian banyak jenis pisang yang ada di muka bumi, tidak semua jenis cocok untuk diolah menjadi pisang kentang.

Untuk membuat keripik pisang, Anda membutuhkan kandungan pati sebesar 16,5 hingga 19,5 persen. Pisang yang sudah tua tapi belum matang sangat cocok dijadikan kentang goreng. Guna mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, kita harus memastikan minyak pada keripik pisang benar benar hingga kering. Kita bisa menggunakan mesin peniris untuk memastikan bahwa minyakknya benar benar kering. Mesin ini tersedia di rumahmesin.