Manfaat Mendirikan Badan Usaha yang Legal

Nyatanya, banyak kelebihan yang akan didapatkan oleh seorang pengusaha dengan mendirikan badan usaha yang legal. Selain aman bagi kegiatan bisnis perusahaan, kelebihan tersebut nantinya juga bisa mendatangkan keuntungan yang besar dari segi ekonomi.

Berikut adalah beberapa manfaatnya: Mendapatkan Perlindungan Hukum Sebuah perusahaan tanpa dasar hukum bisa saja dituntut atau dihentikan usahanya kapan saja. Dengan mendirikan badan usaha berupa Perseroan Terbatas (PT), perusahaan Anda sudah disetujui, diakui, dan tertera pada daftar perusahaan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Ini berarti, nama perusahaan Anda tidak akan digunakan oleh perusahaan lain. Sementara pada CV, nama perusahaan atau merek dagang tidak menjadi hak milik sehingga bisa saja terjadi kesamaan dengan perusahaan lain. Menjadi Perusahaan Dalam Negeri yang Baik Dalam mendirikan badan usaha, Anda akan mendaftarkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perusahaan.

Dengan memiliki NPWP, perusahaan wajib melapor dan membayar pajak sesuai dengan keuntungan yang didapatkannya dalam setahun. Ini akan membuat perusahaan Anda menjadi entitas yang taat pajak serta turut menyumbang dalam pembangunan negeri.

Memperjelas Pemisahan Harta Pribadi dengan Perusahaan Badan usaha Perseroan Terbatas memiliki syarat pemisahan harta pribadi dengan perusahaan. Jadi, pengelolaan keuangan perusahaan pun akan lebih teratur dan memiliki batas yang jelas. Ini juga memungkinkan Anda memiliki tabungan sendiri di bank atas nama perusahaan.

Sebagai pemilik, Anda akan mendapatkan pembagian keuntungan sesuai dengan yang sudah ditetapkan. Hal ini akan mempermudah proses penjualan dan pembagian saham di kemudian hari. Dengan adanya pemisahan harta pribadi dan perusahaan, pembagian keuntungan dan pengelolaan keuangan perusahaan juga akan lebih teratur. Mendukung Profesionalisme pada Perusahaan Tanpa landasan hukum yang jelas, banyak konsumen yang akan meragukan kualitas dari layanan atau produk yang Anda tawarkan.

Tentu saja, konsumen akan lebih memilih perusahaan yang profesional dan bonafide. Karena sudah terdaftar di Kemenkumham, ini berarti Anda sudah memenuhi syarat sebagai perusahaan resmi. Dengan begitu, tingkat kepercayaan konsumen pada perusahaan Anda pun akan bertambah. Selain itu, sebuah perusahaan wajib memiliki struktur dan organ yang tertata dengan baik.

Pemegang saham, dewan direksi, dan dewan komisaris akan menyelenggarakan Rapat Umum Pemilik Saham (RUPS) untuk menentukan tanggung jawab dan kapasitas masing-masing jabatannya serta melakukan perencanaan bisnis setiap tahunnya.

Karena pengelolaan dan pengawasan bisnis dilakukan oleh organ perusahaan yang berbeda, kegiatan bisnis akan berjalan lebih efektif, profesional, dan terjamin pertanggungjawabannya. Memiliki Kemudahan dalam Berbisnis Pada perjalanan bisnis Anda, kesempatan untuk mendapatkan proyek besar pun akan berdatangan. Sering kali, proses tender dari swasta atau badan pemerintah mensyaratkan peserta untuk melengkapi dokumen legalitas perusahaan sebelum mengikuti proses lelang.

Memiliki badan usaha yang resmi akan membantu Anda untuk mendapatkan proyek-proyek tersebut. Mengerjakan proyek lelang dari swasta dan pemerintah bukan hanya akan mendatangkan keuntungan yang besar, tetapi perusahaan Anda juga akan memiliki rekam bisnis yang baik dan mendapatkan kepercayaan lebih dari konsumen. Memudahkan Perusahaan dalam Mendapatkan Modal Tambahan Ke depannya, Anda mungkin akan membutuhkan tambahan modal untuk memperbesar skala bisnis perusahaan Anda.

Kelengkapan legalitas usaha bisa membantu Anda untuk mengajukan tambahan modal dari bank, atau mengundang investor dari dalam dan luar negeri. Secara otomatis, kreditur seperti bank akan lebih percaya untuk memberikan pinjaman jika debitur memiliki badan usaha yang jelas. Lebih jauh lagi, setiap saham yang ada di dalam PT bisa dijual kepada investor dalam atau luar negeri.

Selain akan menambah modal, hal tersebut tentu akan berpengaruh pada perkembangan bisnis Anda. Memiliki Legitimasi dari Pemerintah Sesuai dengan yang tercantum pada Undang-Undang UUPT No. 40/2007, anggaran dasar dan semua kegiatan bisnis perusahaan juga sudah dilegalisasi dan terdaftar. Di dalam akta perusahaan, akan tertera jenis bisnis yang Anda jalani.

Dengan catatan, Anda wajib melakukan revisi atau pembaruan jika terjadi perubahan dalam bidang usaha yang perusahaan Anda kembangkan. Bahkan, Anda bisa mencantumkan beberapa jenis bisnis sekaligus. Dengan begitu, setiap usaha yang Anda jalani sudah menjadi aktivitas resmi di dalam negara dan bisa berkembang sesuai yang sudah Anda daftarkan pada akta notarial.

Memperpanjang Jangka Usia Aktivitas Perusahaan Sebuah Perseroan Terbatas atau PT bisa terus berjalan bahkan jika pemilik atau manajemen awal sudah tidak berkecimpung langsung dalam bisnis. pemegang saham bisa memantau bisnis melalui direksi atau dewan komisaris yang sudah ditunjuk. Dengan kata lain, perusahaan berbentuk PT bahkan bisa diwariskan, dialihkan, atau diperjualbelikan pada orang lain sesuai dengan RUPS dan kesepakatan tertulis.

Sebuah jasa pendirian PT, jika memiliki aktivitas bisnis yang baik, bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Kesempatan untuk Menjaring Pasar Asing Pada saat Anda mendapatkan investor asing, otomatis Anda harus mengubah status perusahaan menjadi Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA).

Dengan menarik investor dari luar negeri, kesempatan perusahaan Anda untuk memasarkan jasa atau produk ke pasar internasional juga akan semakin besar. Belum lagi, saat ini pemerintah memberikan banyak kemudahan untuk PMA seperti keringanan biaya dalam melakukan impor bahan baku, menggunakan lahan zona industri khusus, dan keringanan Pajak Bumi dan Bangunan.