Manfaat Melakukan Service Ganti Oli Dan Ban Motor Secara Rutin

Sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, dari tahun ke tahun jumlah pengendara sepeda motor di Indonesia semakin meningkat jumlahnya. Salah satu alasan sepeda motor menjadi primadona masyarakat di Indonesia adalah sepeda motor memiliki kemampuan lebih lincah dan dapat digunakan untuk melewati gang – gang yang kecil atau sempit untuk menuju tempat tujuan.

Sepeda motor sering digunakan sebagai kendaraan untuk berbagai kebutuhan seperti bekerja, pergi ke pasar, bersekolah, dan lain sebagainya. Karena sering digunakan untuk bekerja keras, kondisi ini membuat mesin sepeda motor harus bekerja terus menerus. Hal tersebut membuat motor memiliki banyak sisa – sisa pembakaran hasil kinerja mesin. Kondisi ini menyebabkan motor membutuhkan perawatan khusus berupa service. Service secara rutin akan memberikan hasil yang maksimal, namun apabila anda lupa melakukan service, performa motor anda akan menurun. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai manfaat – manfaat yang akan anda dapatkan dari melakukan service ganti oli dan ban motor secara rutin. Simaklah penjelasan berikut ini.

 

Manfaat Melakukan Service Ganti Oli Dan Ban Motor Secara Rutin

service ganti oli dan ban motor

1. Menjaga Performa Motor Tetap Optimal

Ketika melakukan service secara rutin, mekanik akan melakukan pemeriksaan pada motor anda secara menyeluruh. Dalam istilah otomotif sendiri, service biasa disebut dengan istilah tune up, yang dilakukan untuk menjaga performa motor tetap optimal atau tetap prima. Untuk motor yang sering digunakan biasanya akan mengalami perubahan atau penurunan mesin, perubahan atau penurunan tersebut dapat di setel ulang melalui service atau tune up ini. Setiap bengkel biasanya memiliki SOP (Standard Operating Procedure) tersendiri mengenai pelaksanaan service yang mereka tawarkan. Secara umum sendiri, proses service mencakup 3 kategori perawatan yaitu mesin, chassis, dan kelistrikan.

 

2. Motor Menjadi Lebih Awet Digunakan

Usia penggunaan motor sangat dipengaruhi dari seberapa rutin motor di service. Motor yang rutin mendapatkan perawatan tentunya dapat digunakan jauh lebih lama dibandingkan dengan motor yang tak dirawat. Dengan melakukan perawatan secara rutin, tak menutup kemungkinan bahwa performa motor akan tetap prima walaupun sudah digunakan selama bertahun – tahun. Di Indonesia, tidak ada aturan khusus yang mengatur pembatasan usia pemakaian motor. Biasanya, pihak produsen motor menjamin motor dapat digunakan secara nyaman selama 5 tahun penggunaan. Apabila perawatan dilakukan secara rutin, anda dapat menggunakan motor anda sampai pihak produsen tidak lagi mengeluarkan suku cadang baru.

 

3. Menghemat Biaya Operasional

Manfaat selanjutnya yang akan anda dapatkan dari melakukan perawatan motor secara rutin adalah sebagai sarana untuk menghemat biaya operasional. Saat melakukan service motor anda dapat mengetahui keadaan motor anda secara menyeluruh, dengan begitu anda dapat melakukan penggantian pada komponen – komponen yang mengalami kerusakan. Untuk penggantian komponen – komponen yang ada pada motor, lebih baik anda melakukannya dengan suku cadang asli. Walaupun harganya lebih mahal, motor anda akan memiliki daya tahan yang lebih lama. Penggantian komponen ini lebih baik dilakukan dengan segera. Tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya kerusakan lebih parah yang nantinya dapat membuat anda mengeluarkan biaya yang jauh lebih besar.

 

Seperti itulah sedikit penjelasan mengenai manfaat – manfaat yang akan anda dapatkan dari melakukan service ganti oli dan ban secara rutin. Apabila anda sedang mencari bengkel penyedia service motor terbaik, anda dapat mengunjungi link berikut http://latusuryaabadi.com/. Disana terdapat banyak pilihan paket service motor yang lengkap dan terpercaya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.