Makanan Oleh Oleh Khas Makassar Enak dan Lezat

Makanan Oleh Oleh Khas Makassar Enak dan Lezat

Makanan oleh oleh khas makassar sering menjadi incaran para turis ketika datang ke Makassar, baik itu turis lokal maupun mancanegara. Hal itu karena kota Makassar memilki beragam oleh oleh yang bisa dibawa pulang, mulai dari aksesoris, kuliner, higga makanan ringan atau camilannya.

Sayangnya makanan yang bisa dijadikan oleh oleh hanyalah makanan yang kering dan memiliki daya tahan yang awet. Padahal banyak kuliner makanan khas daerah Makassar yang berbentuk kuah dan rasanya sangat nikmat seperti coto Makassar, pallubasa, pallumara dan sop konro. Makanan siap saji seperti itu hanya bisa kamu nikmati saat berada di Makassar dan tidak bisa dijadikan oleh oleh.

Namun jangan berkecil hati karena masih banyak makanan oleh oleh khas Makassar lainnya yang bisa kamu bawa pulang. Ada berbagai kue, camilan, dan makanan ringan khas Makassar yang awet dan bisa dijadikan oleh oleh. Makanan khas Makassar tentu saja memiliki ciri khas yang berbeda dari daerah lainnya.

Ada beberapa makanan khas Makassar yang bisa dibawa pulang. Berikut saya berikan daftar makanan oleh oleh khas Makassar untuk rekomendasi teman teman ketika suatu saat ingin membeli oleh oleh berupa makanan khas dari daerah Makassar.

1. Kue Baruasa

makanan oleh oleh khas makassar

Kue baruasa adalah sejenis kue kering khas Makassar yang memiliki warna putih kecoklatan serta rasanya gurih. Pada saat acara acara sakral, seperti hari besar agama dan acara nikahan, kamu bisa dengan mudah menemukan kue ini. Kue baruasa sangat cocok jika dijadikan cemilan dan juga pendamping minum teh atau kopi. Wah, sungguh perpaduan yang sangat unik.

Kue baruasa terbuat dari bahan bahan tradisional seperti tepung terigu dan kelapa parut serta tetap mempertahankan cita rasa tradisionalnya. Tak heran karena cita rasanya yang sangat unik, kue baruasa sering dijadikan sebagai oleh oleh khas Makassar. Seperti kue kering pada umumnya, kue baruasa juga memiliki daya tahan yang cukup lama.

2. Kue Dangke’

Kue dangke’ adalah makanan khas Makassar dari kabupaten Enrekang yang unik dan memiliki cita rasa yang khas serta bahan dan cara membuatnya mirip seperti keju. Bahan bahan yang digunakan untuk membuat kue dangke’ adalah susu sapi atau susu kerbau dan diberi getah pepaya. Penggunaan getah pepaya sangat diperlukan untuk memisahkan antara susu, air serta lemak pada susu sapi atau kerbau.

Getah pepaya juga akan membuat susu menjadi gumpalan gumpalan saat susu sudah mendidih yang nantinya gumpalan gumpalan tersebut akan difermentasikan menjadi kue dangke’. Warnanya putih kekuningan serta memiliki rasa gurih dan asam. Kue ini cocok digoreng dan dimakan bersama nasi. Kue dangke’ juga bisa menjadi pilihan oleh olehmu, lho.

3. Bolu Cukke

Bolu Cukke adalah bolu dengan ukuran mini dan berasal dari Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Makanan ini berbentu bulat gepeng dengan warna coklat pekat karena gula yang digunakan untuk membuat bolu ini adalah gula merah. Tak heran jika bolu cukke memiliki rasa legit yang akan membuatmu ketagihan.

Bolu cukke memang sangat cocok untuk menemani minum teh di sore hari sembari menikmati indahnya matahari tenggelam. Berkat rasanya yang enak, makanan ini bahkan diekspor ke luar negeri, lho. Makanya, kamu wajib banget untuk mencicipi bolu cukke saat ke Makassar.

4. Kerupuk Jintan

Jintan memnag terkenal sebagai bumbu dapur yang memiliki rasa yang khas, namun siapa sangka jika jintan diolah menjadi kerupuk dan dijadikan sebagai makanan khas suatu daerah, yaitu Makassar. Kerupuk jintan terbuat dari adonan tepung terigu, gula pasir, santan, jintan, dan margarin yang dimasak dengan cara digoreng.

Sebenarnya tekstur dan rasa kerupuk jintan lebih menyerupai kue kering, tetapi karena prosesnya digoreng, makanya makanan ini dinamai dengan kerupuk. Daya tahan waktu kerupuk jintan ini sangat lama sehingga cocok sekali untuk kamu jadikan oleh oleh.

5. Kue Baje’

makanan oleh oleh khas makassar

Kue baje’ adalah kue tradisional khas Suku Bugis Makassar yang terbuat dari adonan beras ketan, kelapa parut dan gula merah. Makanan ini memiliki rasa yang manis. Ada beberapa varian kue baje, yaitu dengan menggunakan gula merah atau gula pasir.

Jika menggunakan gula merah, maka kue baje dibungkus menggunakan daun kering dan jika menggunakan gula pasir maka dibungkus menggunakan kertas minyak warna warni. Kamu bisa menjadikan kue ini sebagai oleh oleh dari Makassar.

6. Abon Raos

Jika dilihat dari namanya makanan satu ini sepertinya dari Sunda karena menggunakan kata raos yang merupakan bahasa Sunda yang berarti enak. Namun jangan salah, karena makanan abon ini berasal dari Makassar, lho. Siapa disini yang suka makan abon?

Rasa abon sangat enak karena terbuat dari daging sapi segar yang dimasak bersama beragam rempah rempah. Abon raos khas Makassar ini memiliki cita rasa yang agak berbeda dengan abon lainnya. Yaitu rasanya lebih pedas dibandingkan dengan abon dari daerah lainnya. Hal ini sesuai dengan kebanyakan makanan khas Makassar yang memiliki rasa pedas.

Abon raos ini menjadi salah satu pilihan oleh oleh khas Makassar yang bisa kamu beli karena selain memiliki daya tahan yang lama, abon raos juga enak dan bisa dijadikan sebagai lauk atau teman makanmu. Kamu bisa mendapatkan abon raos dengan mudah di took oleh oleh Makassar.

7. Otak Otak Ikan Khas Makassar

Otak otak adalah makanan ringan yang banyak sekali disukai oleh sabagian orang, terutama oleh anak anak. Karena selain memiliki rasa yang enak, otak otak juga sangat bergizi. Otak otak memanglah sangat mudah dijumpai di berbagai daerah di Indonesia, namun otak otak ikan khas makassaar ini memiliki ciri khasnya sendiri yang membedakannya dengan otak otak dari daerah lain.

Bahan bahan yang digunakan untuk membuat otak otak ikan khas Makassar ini adalah daging ikan tenggiri dan tepung tapioka, juga diberi beberapa bumbu agar rasanya makin nikmat. Setelah seluruh bahan tersebut diaduk dan sudah menjadi adonan, adonan tersebut kemudian dibungkus menggunakan daun pisang.

Cara memasak otak otak ikan khas Makassar ini sangat unik karena tidak digoreng seperti kebanyakan otak otak lainnya melainkan dibakar, sehingga rasanya sangat enak dan unik. Tempat yang paling mudah untuk menjumpai makanan satu ini adalah di sepanjang pantai.

Otak otak termasuk makanan basah yang memiliki daya tahan yang tidak lama, untuk itu pastikan kamu memilih otak otak yang fresh dan segar jika ingin menjadikan makanan satu ini menjadi oleh oleh.

8. Kacang Disko

Makanan oleh oleh khas Makassar selanjutnya yang bisa kamu bawa pulang adalah kacang disko. Makanan ini memiliki nama yang sangat unik. Kacang disko yang biasanya ada di Bali, juga terdapat di Makassar, lho. Bahkan sudah sangat terkenal dan sering kali dijadikan oleh oleh saat berkunjung ke kota Daeng ini.

Sesuai namanya, kacang disko adalah makanan yang terbuat dari kacang. Kacang tersebut lalu dibaluri oleh adonan tepung yang sudah diracik sedemikian rupa sehingga menciptakan rasa kacang disko yang enak, gurih, dan renyah. Peminat kacang disko ini sangat banyak, mulai dari remaja hingga orang dewasa.

Karena teksturnya kering, menjadikan kacang disko memiliki daya tahan yang lama dan awet sehingga menjadikannya sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh oleh khas Makassar. Ada beberapa varian rasa kacang disko yang bisa kamu coba, yaitu rasa original dan rasa rempah lainnya. Kacang disko juga biasa dijadikan makanan menjelang hari  lebaran, lho.

Itulah rekomendasi makanan oleh oleh khas Makassar yang bisa kamu beli dan bawa pulang. Makanan oleh oleh khas Makassar memang tidak ada habisnya jika dibahas, namun pada artikel ini saya hanya mencantumkan 8 saja. Sekian, semoga bermanfaat.