Lebih Mengerti Soal Penghasilan Tidak Kena Pajak

Ada penghasilan yang tidak akan dikenakan pajak, berapapun penghasilan Anda. Disebut sebagai Penghasilan Tidak Kena Pajak, nominal PTKP inilah yang juga bisa membuat seseorang dengan penghasilan tidak perlu kena pajak.

Ulasan di bawah ini akan membahas lebih banyak tentang Penghasilan Tidak Kena Pajak juga bagaimana dengan pengaplikasiannya.

Penghasilan Tidak Kena Pajak

Langsung saja kita ketahui berapa nominal Penghasilan Tidak Kena Pajak ini, PTKP besarnya Rp54 juta. Tidak berlaku untuk seseorang berpenghasilan dengan pasangan suami atau istri, beranak, dan atau punya tanggungan.

Untuk seorang single dengan penghasilan sekian juta rupiah per tahun, berapapun itu, akan dikurangi dengan PTKP sebesar Rp54 juta, untuk kemudian dikalikan dengan persentase pajak. Apakah itu PPh 21 atau varian pajak lainnya.

Berbeda jika Anda punya istri yang penghasilannya digabung dengan suami, maka Penghasilan Tidak Kena Pajaknya akan ditambah Rp54 juta lagi.

Kemudian untuk seseorang yang punya status kawin, dengan penghasilan terpisah dari pasangannya, akan ditambah sebesar Rp4,5 juta.

Berikutnya adalah jika Wajib Pajak punya pasangan sah dan memiliki anggota keluarga sebagai tanggungan, nominal Penghasilan Tidak kena Pajak ditambah Rp4,5 juta per orangnya. Ada batas untuk jumlah tanggungan anggota keluarga, yakni tiga orang saja. Jika tanggungan lebih dari itu, maka tidak lagi bisa mempengaruhi Penghasilan Tidak Kena Pajak.

Hal ini berlaku juga untuk Wajib Pajak orang pribadi belum menikah namun sudah punya tanggungan, tetap bisa meningkat nominal Penghasilan Tidak Kena Pajaknya.

Tanyakan Pada Jasa Konsultan Pajak Jogja

Mungkin saja dalam mengurus perpajakan, baik sebagai Wajib Pajak orang pribadi atau Wajib Pajak Badan, Anda menemukan kendala. Yang mana padahal, pelaporan pajak harus diselesaikan tepat waktu supaya terhindar dari sanksi denda.

Ada masalah dengan pemotongan pajak dari tempat Anda bekerja, dan ingin tahu bagaimana yang benar? Bisa juga dikonsultasikan dengan jasa konsultan pajak Jogja. Selalu pastikan jasa konsultan pajak Jogja yang dipilih punya pengalaman dan tawarkan layanan yang Anda butuhkan.