Lakukan Pemeriksaan Rutin Selang Dan Regulator LPG Untuk Hindari Kecelakaan

Kecelakaan atau kebakaran yang berjalan akibat gas yang bocor dapat dihindari bersama dengan pengecekan teratur terhadap selang dan regulator Flow Meter Tokico 2 Inch. Pada umumnya, kebocoran gas disebabkan oleh selang yang rusak atau getas dan regulator yang tidak terpasang bersama dengan baik.

Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Kementerian ESDM Adhi Wibowo menyebut, meski selang terbuat dari karet dan terkadang terbungkus aluminium di bagian luarnya, alat tersebut senantiasa perlu rajin diperiksa sebab karakter elastisnya dapat menyusut atau menjadi getas.

Ini salah satu bagian yang rawan sebab jika berjalan kebocoran, dapat menyebabkan kecelakaan atau ledakan,”
Menurut Adhi, sebagian masyarakat mengira ledakan atau kebakaran disebabkan oleh tabung LPG, bukan sebab selang maupun regulator.

Pemeriksaan secara berkala terhadap ke dua product tersebut paling gampang dijalankan saat mengganti isikan tabung gas yang habis. Apabila saat dipasang menyebabkan bunyi mendesis dan berbau, maka perlu dijalankan pengecekan lebih lanjut.

Pada dasarnya, gas diberikan bau yang khas supaya gampang dikenali saat berjalan kebocoran. Ketika itu terjadi, langsung buka ventilasi supaya gas dapat langsung keluar. “Jangan menyalakan kompor sampai baunya hilang. Setelah itu, buka regulator dan cek rusaknya serta pindah bersama dengan baru,” tegas Adhi.

Ia pun mengimbau supaya masyarakat membeli kompor, selang, maupun regulator yang memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Selain itu, perlu dipastikan terhitung tabung gas memenuhi standar keselamatan bersama dengan cara memeriksa keadaan fisik secara virtual.

Misalnya, tabung tidak dipenuhi karat, tidak ditemukan adanya bagian yang pernah terbakar, serta tidak tersedia rusaknya fisik seperti penyok, benjol, atau goresan dalam.

“Dilakukan terhitung pengecekan keutuhan segel terhadap katup, adanya seal atau pelindung lainnya, adanya karet hitam di di dalam katup, serta penandaan terhadap tabung perlu keluar jelas.

Tips lainnya yang perlu dijalankan untuk jauhi kecelakaan atau kebakaran adalah penempatan tabung di di dalam ruangan yang punya sirkulasi udara yang baik. Sebaiknya tersedia ventilasi udara di bagian bawah dekat lantai ruangan dan posisi tabung perlu senantiasa berdiri tegak bersama dengan katup menghadap ke atas.

Selain itu, tabung LPG perlu terlindung dari hujan dan panas langsung matahari. Tabung tidak boleh dipasang dekat sumber api seperti kompor minyak, arang, kayu bakar, dan batubara.

Terakhir, letakkan kompor gas di bagian yang mendatar dan jauh dari bahan yang gampang terbakar.