Khasiat Daun Bambu Untuk Kesehatan yang Harus Kamu Ketahui

Bingung khasiat daun bambu untuk kesehatan? pusing karena telah mencari informasi dan masih belom ketemu? Tenang kali ini saya akan memberikan informasi tentang khasiat daun bambu untuk kesehatan. Kalau kamu penasaran mau membaca, saya akan membagikan informasi khasiat daun bambu untuk kesehatan

Pengertian Pohon Bambu

Bambu merupakan salah satu jenis tumbuhan gulma yang memiliki lubang dan ruas pada batangnya. Secara ilmiah, tumbuhan ini memiliki banyak spesies yang tersebar hampir di seluruh dunia. Bambu adalah salah satu tanaman yang tumbuh paling cepat di dunia. Sistem akar uniknya yang bergantung pada akar memungkinkannya tumbuh hingga 60cm atau bahkan 100cm dalam 24 jam tergantung pada jenis tanah dan iklim habitat.

Secara umum, ada dua jenis bambu, yaitu bambu kayu dari suku Arundinarieae dan Bambuseae, dan bambu kayu dari suku Oleria. Oleh penduduk desa, bambu biasa digunakan untuk bahan bangunan, tiang, dinding, langit-langit, peralatan dapur, alat musik, dan bahan makanan. Bambu juga memberikan jasa lingkungan yang penting, yaitu kemampuan berproduksi 1,2 kg per hari dan konservasi pengelolaan air di dalam tanah.

Kita bisa mengenali bambu dengan sangat mudah, bentuk batangnya yang bulat dan pertumbuhannya yang tinggi menjadi salah satu ciri utamanya. Struktur bambu dicirikan oleh bentuk yang unik, seperti batang, daun, akar, dan pertumbuhan pucuk atau kuncup dalam sistem reproduksinya. Pada batang bambu berbentuk silindris dengan bagian-bagian yang relung.

Batang tumbuh dari rimpang saat tanaman mulai panen. Batang bambu bersifat fleksibel dan tersusun dari serat yang kuat. Bambu tumbuh dengan daun yang muncul pada bagian batangnya. Daun ini disebut daun tengah dan akan mengering dan rontok saat bambu mulai menua. Pada bagian tengah tulang bambu terdapat anulus, yaitu perpanjangan kaki yang berbentuk segitiga.

Bambu memiliki daun utuh, yang terdiri dari bagian tengah daun, helaian daun, dan tangkai daun. Daunnya bertipe tulang sejajar, yaitu terdapat satu tulang daun besar di tengah dan tulang daun kecil di sekelilingnya tersusun sejajar. Ujung daun bambu runcing, rata pada tepinya, berbentuk tombak, dan bertekstur seperti kertas. Permukaan atas daun bambu berwarna hijau mengkilat dan bagian bawahnya berwarna hijau tua dengan bulu-bulu kasar.

Sistem akar setiap bambu bisa berbeda. Akar bambu bercabang adalah rimpang yang lebih lebar di ujung daripada di pangkal. Akar bambu runcing ke arah pangkal dan masing-masing bagian memiliki akar dan pucuk. Tunas pada akar akan tumbuh menjadi rebung, kemudian tumbuh menjadi gulma baru. Rebung adalah rebung yang muncul dari pangkal rumpun atau dari akar rebung bambu tua.

Khasiat Daun Bambu Untuk Kesehatan

khasiat daun bambu untuk kesehatan

  • Menyegarkan Hati
  • Menghangatkan limpa
  • Menyingkirkan dahak
  • Mengatasi batuk
  • Menyembuhkan sesak nafas
  • Serta terapi stroke ringan.

Baca Juga : Cara Membuat Poc Daun Bambu yang Sederhana dan Mudah

Manfaat Daun Bambu

  • Daun Bambu untuk Menurunkan Kadar Gula

Daun bambu yang telah diolah menjadi teh dan melewati berbagai proses pengeringan akan menghasilkan aroma yang sangat khas. Campuran teh yang digunakan untuk daun bambu bisa berasal dari bunga melati atau kamboja. Kandungan serat dalam daun bambu sangat efektif dalam menurunkan kadar gula.

  • Daun Bambu untuk Mengatur Sistem Pencernaan

Masalah pencernaan dapat menyebabkan sakit perut. Masalah-masalah ini biasanya termasuk perut kembung, gas yang berlebihan, dan sembelit atau diare. Ternyata daun bambu yang telah diolah dan dijadikan teh dapat membentuk sejenis senyawa yang berfungsi mengatur sistem pencernaan.

  • Membantu Menyembuhkan dan Menutup Luka

Isoorientin dalam daun bambu segar memiliki sistem yang sangat baik untuk membantu menutup luka dan menyembuhkan luka lebih cepat. Bahkan memberikan luka dengan daun bambu segar yang dihaluskan dapat menutup luka selama kurang lebih 29 jam. Penelitian ini dilakukan oleh para ahli medis di China dan Jepang.

Baik cukup sekian tentang khasiat daun bambu untuk kesehatan pada artikel kali ini. Sudah tahu kan sekarang apa saja khasiat serta manfaat dari daun bambu. Sekian artikel yang saya sampaikan terima kasih.