Keuntungan Bisnis Kopi Bubuk Beserta Cara Pemilihan Biji Kopi

Keuntungan bisnis kopi bubuk –  Sudah banyak yang mencoba dan hasil nya memuaskan. Bubuk kopi juga dapat menjadi usaha sampingan seperti usaha kopi bubuk rumahan, bubuk kopi sebagai bahan pembuatan minuman kopi

Usaha bubuk kopi yang berkualitas mampu menghasilkan minuman yang lezat juga, aroma kopi yang khas membuat penikmat kopi jadi ketagihan. Membuat kopi bubuk harus dipilih dari biji yang berkualitas juga karena akan berpengaruh terhadap rasa yang di hasilkan.

Bubuk kopi termasuk usaha yang menjanjikan dan juga menguntungkan, dikarenakan minuman kopi selalu menjadi primadona masyarakat. Pelaung usaha kopi bubuk kopi juga sangat terbuka karena bahan utamanya adalah biji kopi khas Indonesia tersedia melimpah dan sudah terkenal di dunia.

Maka tidak heran jika negara Indonesia membuat tanaman kopi sebagai salah satu jenis tanaman yang sering dibudidayakan masyarakat. Kopi memiliki harga nilai yang tinggi apalagi jika sudah diolah menjadi bubuk. Sehingga kopi yang sudah menjadi bubuk dapat berpeluang yang menjanjikan dan juga sangat mudah dipasarkan. ingin tahu cara usaha kopi rumahan yang bisa menguntungkan? Yuk simak caranya berikut ini.

1. Pemilihan Biji Kopi

Keuntungan Bisnis Kopi Bubuk

Biji kopi dipilih secara jelas dan sesuai dengan ukuran. Memilah biji kopi secara langsung saat sudah bersih tidak terdapat kulitnya. Namun agar lebih gampang lebih baik dipilah saat kopi sudah bersih dan juga sudah menjadi biji yang tinggal ke tahap penyangraian.

Perlu kalian ketahui bahwa ciri biji kopi yang berkualitas saat sedang dalam pohonnya. Jika bingung simak panduanya berikut ini:

Kopi yang bagus berwarna merah matang ranum, tidak terdapat kusam, burik, dan juga mulus.
Memiliki ukuran biji kopi yang standar dan sedang, tidak di ukuran yang terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar.
Kulit kopi lunak jika sudah matang, dan saat sudah biji kopi terlihat kulit biji yang halus.
Rasanya manis atau tidak asam, tidak payau. Silahkan kalian coba saat kopi sudah matang berwarna merah.

Untuk memudahkan kalian dalam mendapatkan biji kopi yang berkualitas dan dalam menjalankan usaha kopi bubuk yang bagus, lebih baik mencari kopi yang sudah menjadi biji dan juga sudah dibersihkan. Silahkan kalian cari biji kepada pemborong, biasanya sudah ada gudang yang lebih mudah untuk memilih dan langsung bisa di beli.

2. Penyortiran Biji Kopi

Keuntungan Bisnis Kopi Bubuk

Kumpulan biji kopi sesuai ukuran yang sama, ini bermaksud untuk memudahkan kalian dalam bersaing jenis kopi yang berkualitas terbaik. Ini tentunya mempengaruhi cita rasa saat biji kopi sudah menjadi bubuk.

Jangan hanya dilihat dari bentuk luar saja, karena di dalam biji kopi bisa saja kopong atau busuk. Caranya adalah tekan biji kopi secara kuat ketika hancur berarti kopong dan jangan di satukan yang keras. Bagi kalian yang sedang mencari mesin kopi kalian bisa klik link yang berwarna.

3. Penjemuran Biji Kopi

Keuntungan Bisnis Kopi Bubuk

Setelah di sortir maka proses berikutnya adalah penjemuran, Di mana biji kopi yang sudah terkumpul dijemur di bawah sinar matahari. Hal ini bertujuan agar biji kopi padat, berisi, dan lebih renyah saat di sangrai serta meningkatkan nilai harga yang lebih tinggi.

4. Tahap Sangrai

Tahap sangrai merupakan proses pemanggangan biji kopi yang sudah dicampur dengan pasir. Pasir ini tidak sembarangan pasir tetapi pasir putih yang ada di pinggiran pantai yang bersih. Proses sangrai ini dilakukan dengan cara manual menggunakan wajan yang terbuat dari tanah liat atau dengan kuali besi yang sudah lama. Biji kopi disangrai di api kecil dan menggunakan kayu bakar.

5. Pembersihan Biji Kopi dan Pasir

Kopi yang sudah di sangrai lalu dibersihkan dengan cara di “ayak”. Untuk memisahkan biji kopi dengan pasir. Biasanya jika peralatan secara tradisional terdapat alat tapian yang terbuat dari bahan rotan. Ketika biji kopi sudah bersih dalam keadaan hangat tinggal kalian sisihkan ke dalam wadah untuk siap digiling menjadi bubuk.

6. Tahap Penggilingan

Kopi yang sudah bersih dan juga matang disangrai bisa tercium aroma khas kopi yang harum. Langkah kalian selanjutnya adalah langsung digiling. Setelah kopi digiling hingga menjadi bubuk, tahap selanjutnya adalah menimbang sesuai dengan takarannya untuk dikemas.

7. Tahap Pengemasan

Sebagai tahap yang terakhir, bubuk kopi dikemas dengan plastik khusus yang sudah kalian siapkan. Usahakan dalam pengemasannya sekreatif kalian karena kemasan menarik dapat berpengaruh terhadap calon konsumen. Bagi kalian yang mau tahu tentang pengemasan kopi bubuk dan peluang usaha kopi bubuk kalian bisa klik link yang berwarna.

Itulah tadi pembahasan tentang Keuntungan Bisnis Kopi Bubuk semoga artikel yang saya buat ini dapat membantu kalian dalam membuat usaha kopi rumahan. Semoga bermanfaat.