ID Card Karyawan

ID Card Karyawan – Dalam membangun sebuah perusahaan, tentu dibutuhkan profesionalitas kerja dari para karyawan dan hasil yang memuaskan. Tidak peduli perusahaan tersebut bergerak dalam bidang jasa maupun pengadaan barang. Beberapa diantaranya adalah toko retail sekelas alfamart dan indomart, maupun PT yang lebih besar seperti pertamina. Sedangkan bagian jasa, Anda bisa mengenal gojek.

Salah satu penunjang profesionalitas kerja sangatlah banyak, salah satu diantaranya adalah identitas karyawan itu sendiri. Identitas karyawan bisa saja berupa nama dada maupun berbentuk kartu atau sering dikenal dengan ID Card. ID Card karyawan ini bisa dipakai menggunakan holder kuit atau plastik dan dilengkapi dengan tali khusus yang kita kenal sebagai lanyard.

id card karyawan

Bagaimana Desain ID Card Karyawan Profesional?

Jika Anda tidak bisa mendesain bukan menjadi masalah, karena Anda bisa meminta bantuan desainer untuk membuatnya. Tapi Anda tentu harus tahu informasi apa saja yang ada dalam desian ID Card karyawan. Apalagi untuk meningkatkan profesionalitas kerja, Anda tidak bisa sembarangan membuat desain kartu identitas. Berikut ini beberapa poin yang harus ada dalam kartu identitas karyawan:

  • Nama Asli atau Nama Penggilan Pemilik ID Card

Namanya juga ID Card, hal yang paling penting tentunya adalah nama dari pemilik kartu. Bisa berupa nama terang maupun nama panggilan. Jika Anda perusahaan besar, gunakanlah nama terang supaya terlihat lebih professional. Sedangkan jika ID Card ini digunakan untuk usaha dengan konsep friendly, Anda bisa menggunakan nama unik.

  • Jabatan yang Diampu Pemilik ID Card

Unsur penting ID Card yang kedua adalah jabatan yang diampu. Alasannya bukan karena kasta profesi namun lebih pada kejelasan jabatan perseorangan. Customer atau client akan lebih mudah mengenal karyawan Anda dan meminta bantuannya. Tidak segan karena takut salah orang untuk menyelesaikan problem mereka. Dengan begitu, profesionalitas kerja dari perusahaan Anda lebih terlihat.

  • ID atau Kode

Jika Anda mengenal NIP atau NIK, itu adalah kode dari identitas karyawan. Mereka jelas-jelas sudah terdaftar dan valid sebagai pegawai perusahaan tersebut. Nomor kepegawaian ini bisa berupa nomor biasa yang diemboss, QR Code, barcode maupun jadi pita magnetik dan RFID.

Kode ini juga dapat berfungsi sebagai laporan performa dari pegawai seperti presensi pegawai. Jenis ID Card yang bisa dijadikan kartu presensi ini adalah kartu magnetic dan RFID. Pegawai tinggal scan code yang diinputkan pada mesin pembaca kode sehingga lebih praktis.

  • Foto

Jika Anda merasa foto pada kartu identitas tidak penting, Anda salah besar! Foto ini penting dalam memvalidasi pemilik kartu karyawan. Mencegah penipuan dan pemalsuan kartu. Selain itu, foto ini juga menjadi pemanis ID Card karyawan. Gunakan foto yang sesuai dengan visi-misi perusahaan Anda supaya brand Anda lebih kuat.

  • Informasi Tambahan

Ada beberapa informasi tambahan bisa berupa logo dan nama perusahaan yang bertujuan sebagai penguat brand dari perusahaan tersebut.  Informasi tambahan ini juga berupa visi-misi perusahaan ataupun peraturan penggunaan kartu identitas karyawan.

Nah, sudah lengkap poin-poin desain yang harus Anda masukkan ke dalam ID Card karyawan Anda. Jadi, jika Anda ingin membuat kartu identitas untuk perusahaan jangan lupa poin-poin di atas ya!

Cetak ID Card Karyawan

Setelah Anda mengetahui poin-poin apa saja yang harus tercantum, Anda juga perlu mengetahui jenis dan ukuran ID Card yang akan digunakan. Di Indonesia, ukuran ID Card yang digunakan adalah 85mm x 53mm dengan ketebalan yang bervariasi. Anda bisa menggunakan ketebalan yang tipis hingga tebal (0.4mm, 0.76mm dan 0.96mm).

Sedangkan jenis atau kualitas dari ID Card juga berbeda-beda. Anda bisa menggunakan ID Card dengan kualitas super, biasa atau menggunakan ID Card yang ada glitternya.

Jika Anda ingin cetak ID Card untuk karyawan perusahaan Anda, hubungi saja Bikinidcar.com yang bisa memberikan garansi cetak 100%. Selain itu, kami juga memberikan banyak pilihan jenis serta ukuran yang bisa Anda sesuaikan dengan anggaran dana Anda. Masalah kualitas, jangan diragukan lagi karena kami sudah menangani client dari tahun 2015. Kunjungi website bikinidcard.com untuk informasi selengkapnya.