Fermentasi Pakan Ternak Kambing Menggunakan Em4

Hai, Fermentasi Pakan Ternak Kambing Menggunakan Em4 adalah salah satu metode pembuatan pakan domba yang banyak digunakan. Fermentasi ini memiliki keuntungan untuk mengawetkan pakan untuk beberapa hari kedepan dan dengan fermentasi ini nutrisi yang terkandung dalam pakan tidak akan hilang. Cara pembuatan pakan dengan cara fermentasi ini sangat cocok untuk domba atau kambing.

fermentasi pakan ternak kambing

Salah satu jenis domba yang menggunakan pakan fermentasi adalah domba potong. Sapi kambing merupakan salah satu jenis domba yang dipelihara untuk diambil dagingnya. Masa penggemukan kurang lebih 6 bulan. Selama periode penggemukan ini, lebih baik memberi mereka makanan dan nutrisi berkualitas agar berat badan cepat naik. Jika penggemukan lebih cepat, penjualan kambing pedaging akan lebih tinggi.

Asupan makanan yang baik dan gizi yang tinggi sangat dibutuhkan di masa penggemukan ini. Jenis pakan yang biasanya diberikan kepada ternak antara lain rumput, daun pakan ternak, jerami, rumput, dedak, vitamin dan pakan tambahan lainnya. Semua pakan ini harus tersedia dan disiapkan untuk mendukung dan membantu produktivitas dan domba gemuk.

Masalah yang dihadapi petani adalah sulitnya mencari makanan pada musim kemarau. Pada musim kemarau ini, kecukupan hijauan pakan ternak sangat terganggu. Saat musim hujan, pakan hijauan banyak tersedia sehingga kebutuhan mereka sangat mudah dipenuhi.

Melihat keadaan tersebut di atas, maka perlu dicarikan solusi agar kebutuhan pakan domba tetap dapat terpenuhi pada saat musim penghujan dan penghujan. Salah satu upaya untuk mengisi pakan pada musim kemarau adalah dengan membuat pakan domba fermentasi dengan em4. Fermentasi ini merupakan salah satu cara pembuatan pakan dengan memberikan ragi atau prebiotik agar pakan tetap memiliki nutrisi yang baik dan dapat meningkatkan pencernaan ternak.

Cara membuat pakan fermentasi ini sangat sederhana dan sangat mudah. Cara pembuatan pakan fermentasi ini adalah dengan memberikan cairan prebiotik ke dalam campuran pakan hijauan atau pakan lain yang dapat difermentasi. Salah satu cairan prebiotik yang paling banyak digunakan adalah prebiotik jenis Em4.

Cara Membuat Pakan Kambing dengan Em4

fermentasi pakan ternak kambing

Menurut penelitian para ahli pakan, pakan yang diolah dengan meminum pakan domba dengan em4 memiliki banyak keunggulan. Manfaatnya adalah memperbaiki sistem pencernaan, meningkatkan produktivitas tubuh yang sedang tumbuh, meningkatkan nafsu makan.

Dari segi perawatan, cara fermentasi ini akan membantu menjaga stok di kemudian hari, sehingga tidak perlu disibukkan dengan kegiatan mencari makan. Selain itu diberi pakan fermentasi, kotoran hewan tidak berbau, daging menjadi lebih gemuk dari sekedar diberi pakan.

Baca Juga : Mesin Pencacah Rumput Multifungsi

Cara membuat pakan domba fermentasi dengan em4 sangat sederhana dan mudah untuk diterapkan.

fermentasi pakan ternak kambing

Metodenya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan jenis prebiotik Em4 yang bisa dibeli di farm atau farm store;
  2. Siapkan ruang besar untuk mencampur bahan dan memproses fermentasi;
  3. Bahan pakan ternak yang dapat difermentasi adalah jerami, kulit pisang, pakan rumput;
  4. Cincang atau potong semua bahan makanan menjadi ukuran yang lebih kecil, agar ukurannya cepat dan seragam, Anda bisa menggunakan mesin pencacah;
  5. Larutkan molase atau air gula dan probiotik em4 (sesuai ukuran) dengan air hingga menjadi 1 dengan takaran di atas.
  6. Siapkan terpal untuk mengaduk semua bahan kemudian larutkan cairan prebiotik, agar mudah tercampur dalam terpal;
  7. Masukkan semua bahan ke dalam wadah kecil lalu injak-injak sampai padat;
  8. Tutup semua bahan dengan rapat dengan plastik agar proses fermentasi lebih sempurna;
  9. Pakan fermentasi ini bisa dibuka setelah 2 minggu dan siap untuk diberikan ke ternak.

Seiring berjalannya waktu, banyak cara dan sarana pembuatan pakan domba alternatif telah diperkenalkan. Salah satu cara terbaru untuk membuat pakan domba adalah pakan ternak instan dimana semua bahan pakan dicampur dari satu yang lebih dikenal dengan complete feed atau pakan lengkap.

Pakan lengkap adalah metode pembuatan pakan alternatif terbaru, inovasi pakan lengkap ini adalah mencampur semua bahan terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan ternak. Kandungan pakan ini adalah karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk penggemukan ternak.

Cukup sekian, semoga bermanfaat dan terima kasih.