Cara Pengolahan Sampah Kaleng Dengan Recycle

Mungkin masih banyak yang bertanya bagaimana cara pengolahan sampah kaleng dengan recycle?.Nah,berikut saya berikan sedikit Penjelasanya.

Pengertian sampah kaleng

Sampah kaleng adalah sampah yang tidak dapat diuraikan secara alami atau melalui proses biologis, dapat juga termasuk sampah anorganik. Kaleng adalah lembaran baja yang dilapisi dengan timah.

Pengertian cara pengolahan sampah kaleng dengan recycle

Cara Pengolahan Sampah Kaleng Dengan Recycle

Daur ulang, atau recycle, adalah proses pengumpulan dan pengolahan bahan yang harus dibuang sebagai limbah dan mengubahnya menjadi produk baru. Daur ulang merupakan salah satu dari tiga langkah dalam pengolahan sampah, yaitu reduce, reuse, dan recycle.

Recycle adalah bagian penting dari pengurangan sampah modern. Dengan upaya daur ulang ini, produksi sampah dapat dikurangi. recycle bertujuan untuk melindungi lingkungan.

Recycle mencegah emisi banyak gas rumah kaca dan polutan air serta menghemat energi. Menggunakan bahan daur ulang menghasilkan lebih sedikit limbah padat.

Cara pengolahan sampah kaleng dengan recycle

  1.  Kaleng dibersihkan dari sisa minuman
  2.  Kaleng dipotong kecil-kecil untuk menghilangkan lapisan pewarna menghapus lapisan berwarna
  3.  Potongan kaleng dipanaskan hingga meleleh
  4.  Lelehan logam dari kaleng dimasukkan dalam cetakan dan siap diolah menjadi produk baru

Bahan-bahan yang bisa di recycle

Bahan yang dapat didaur ulang adalah berbagai jenis kaca, kertas, karton, logam, plastik, ban, tekstil, baterai, dan elektronik.

1.Limbah kertas dan karton

Mendaur ulang kertas sangat penting untuk memastikan bahwa Anda mengurangi jejak lingkungan dan mengurangi limbah secara keseluruhan. Mendaur ulang kertas membutuhkan energi 70% lebih sedikit daripada membuat kertas baru.

2.Plastik

Ada sekitar 50 kelompok plastik yang berbeda dengan ratusan jenis yang berbeda. Sebagian besar jenis plastik dapat didaur ulang. Ini akan membantu mengurangi jumlah sampah yang dikirim ke tempat pembuangan sampah dan mencegah sampah berakhir di laut.

3.Logam

Semua jenis logam non-ferrous dan ferrous dapat didaur ulang untuk penggunaan di masa mendatang. Mendaur ulang hanya satu minuman aluminium dapat menghemat energi yang cukup untuk menyalakan TV selama sekitar tiga jam.

4.Barang elektronik

Daur ulang elektronik adalah bidang spesialis pengelolaan limbah dan daur ulang, yang tujuannya adalah untuk mencegah barang elektronik dibuang. Ini mencakup semua perangkat listrik dan elektronik, yang sebagian besar memerlukan daya baterai atau colokan, seperti komputer, telepon seluler, dan televisi.

5.Kaca

Kaca membutuhkan waktu sekitar satu juta tahun untuk benar-benar terurai. Kaca 100% dapat didaur ulang dan tidak pernah kehilangan kemurnian atau kualitasnya saat didaur ulang. Mirip dengan bahan daur ulang lainnya, kaca daur ulang juga menghemat banyak energi.

Manfaat cara pengolahan sampah kaleng dengan recycle

Recycle menawarkan keuntungan terutama bagi lingkungan. Manfaat ini terlihat dan memiliki efek jangka panjang pada kehidupan. Berikut adalah manfaat positif dari daur ulang:

1.Cara pengolahan sampah kaleng dengan recycle-hemat sumber daya

Daur ulang adalah proses mengubah bahan bekas menjadi produk baru, sehingga mengurangi konsumsi sumber daya alam. Jika bahan bekas tidak didaur ulang, produk baru dibuat dengan mengekstraksi bahan mentah segar dari bumi. Ini seperti melalui pertambangan dan kehutanan. Daur ulang membantu melestarikan bahan baku penting dan melindungi habitat alami untuk masa depan.

2.Cara pengolahan sampah kaleng dengan recycle-hemat energi

Penggunaan bahan daur ulang dalam proses manufaktur mengkonsumsi jauh lebih sedikit energi daripada yang dibutuhkan untuk memproduksi produk baru dari bahan baku. Ini benar bahkan jika semua biaya terkait termasuk transportasi dibandingkan.

3.lindungi Lingkungan

Daur ulang mengurangi kebutuhan untuk ekstraksi (penambangan, penggalian dan penebangan), pemurnian dan pengolahan bahan mentah, yang semuanya menyebabkan polusi udara dan air yang signifikan. Karena proses daur ulang ini menghemat energi, proses ini juga mengurangi emisi gas rumah kaca, yang membantu memerangi perubahan iklim.

4.Kurangi tumpukan sampah

Daur ulang adalah proses mengubah bahan yang dapat digunakan kembali menjadi produk baru, mengurangi jumlah sampah yang dikirim ke TPA. Hal ini dapat membantu mengurangi tumpukan sampah yang berpotensi merusak lingkungan.

Baca Juga: Cara Mengolah Limbah Kantong Plastik

Dari  pengjelasan di atas dapat kita contoh/lakukan sebagai cara mengurangi sampah kaleng yang ada di lingkungan serta menjadikan lingkungan menjadi sehat dan bersih.