Simak Cara Pengeringan Kopra Putih Agar Mendapatkan Hasil Bagus

cara pengeringan kopra putih

Cara pengeringan kopra putih -Kopra putih adalah daging buah kelapa yang dikerok dari cangkangnya. Kopra kelapa putih atau biasa disebut kopra putih diolah dari kelapa segar yang sudah tua melalui sistem pengeringan / pemanas tidak langsung, ditambah dengan sinar matahari.

Daging kelapa putih merupakan bahan baku untuk mengolah minyak kelapa mentah dan tidak dicampur dengan campuran kimiawi yang digunakan dalam minyak pangan kesehatan, minyak nabati, sabun herbal, dan produk turunan lainnya.

Cara membuat kopra putih harus memperhatikan kebersihan dan prosedur yang ketat agar dapat menghasilkan daging kelapa putih yang kering (5%), higienis, bersih, bebas aflatoksin, PAH, FFA dan pengotor lainnya.

Baca Juga : Cara Membuat Boba tanpa Tepung Tapioka, Mari Kita Cobaa

Mengetahui cara membuat kopra putih sangat menguntungkan, apalagi anda adalah seorang petani kopra atau pengusaha kopra. Ada beberapa cara membuat kopra putih melalui pengeringan. Diantara yang lain:

1. Menjemur Kopra Putih Dibawah Matahari Langsung – Cara Pengeringan Kopra Putih

Cara ini memakan waktu lama dan sangat bergantung pada kondisi cuaca, kualitas kopra biasanya tidak stabil, berjamur, dan kadar air di bawah karakteristik optimal.

Pengeringan alami ini membutuhkan kesabaran. Apalagi jika sedang memasuki musim penghujan. Saat cuaca membaik, proses pengeringan akan memakan waktu 2 hari. Setelah itu daging kelapa baru bisa dicungkil.

Kemudian dikeringkan kembali selama 3-5 hari hingga kopra mengering. Jika cuaca bagus, pengeringan terus menerus selama 8 jam dapat menguapkan ± 1/3 air pada buah.

2. Optimalisasi Panas Matahari Menggunakan Rumah Tudung Plastik – Cara Pengeringan Kopra Putih

Modifikasi pengeringan cahay matahari menggunakan penutup plastik untuk mengeringkan sari kopra di area plastik. Ruang jemur terdiri dari atap dan dinding yang terbuat dari plastik transparan. Panas yang masuk menembus ke dalam ruang plastik akan bertahan lama, sehingga akan lebih cepat membantu pengeringan lebih optimal. Udara panas yang terjebak di dalam ruang akan memanaskan daging kelapa dari segala penjuru.

Dengan cara ini, panas yang dipantulkan oleh lantai dan akan tertahan, yang akan meningkatkan suhu di dalam bilik plastik, sehingga kopra yang sudah kering akan lebih cepat kering dan terlindung dari hujan.
Pengeringan dengan metode ini lebih baik daripada pengeringan sinar matahari langsung. Teknologi pengeringan kopra sangat menentukan kualitas produk kopra putih (khususnya minyak kelapa).

3. Metode Pengeringan Kopra Dengan Pengasapan – Cara Pengeringan Kopra Putih

Cara ini merupakan teknik yang banyak dikembangkan di kalangan petani kopra. Susun daging kelapa (kopra kelapa) ke dalam alat pengasap dengan cara membakar batok kelapa atau batok di bawah tempurung. Kopra yang dipanggang dengan sistem pengasapan akan tetap dijemur.

Namun, jika tidak ada cukup sinar matahari, metode pengasapan merupakan pilihan lain untuk mengeringkan kelapa. Sabut kelapa atau sabut kelapa dibutuhkan pada musim hujan sebagai metode penjemuran yang kurang memuaskan di bawah sinar matahari. Teknik ini membutuhkan waktu sekitar 3 hari.

4. Metode Pengovenan Modern Dengan Menggunakan Oven Kopra

Pengering terdiri dari ruang pengering yang dilengkapi dengan pipa pemanas. Kemudian salah satunya dengan memanfaatkan aliran udara panas untuk menurunkan kadar air pada kopra dengan cara mengeringkan panas pada suhu sekitar 60-70 ° C, sehingga menurunkan kadar air hingga 5-6%.

Melalui konduksi dan konveksi. Udara panas mengalir melalui kopra kelapa secara merata setelah terlebih dahulu melewati heat exchanger. Oven kopra putih ini dapat digunakan kapan saja, dan suhunya dapat diatur sesuai dengan kelembapan kelapa yang telah dikeringkan.

Selain itu, pembuatan kopra putih dalam oven kopra putih lebih menguntungkan karena tidak tergantung cuaca. Kalaupun hujan, dapat dioperasikan dalam ruangan tertutup dan produksi dapat dilanjutkan. Masukkan kopra ke dalam oven kopra putih.

Cara ini relatif kering dan bisa menghindari jamur. Kopra tidak akan menghasilkan bau anyir bahkan setelah disimpan selama 8 bulan.

Artikel lain yang mungkin anda tertarik Mengintip Peluang Usaha Depot Air Minum Terkini