Cara Menyewa Sepeda di Jepang

Jika Anda mencari cara untuk terhubung dengan Jepang dan pergi dari A ke B, menggunakan sepeda untuk menjelajahinya adalah salah satu cara yang menyenangkan. Anda dapat menjelajahi sisi Jepang yang mungkin tidak Anda lihat saat menggunakan metode transportasi lain, yang sering kali mengarahkan Anda pada “permata tersembunyi” di sepanjang jalan.

Sepeda sewaan menjadi lebih mudah diakses di seluruh negeri. Baca terus untuk mengetahui apa yang perlu Anda ketahui tentang cara menyewa sepeda di Jepang.

1. Manfaat menyewa sepeda

Ada banyak alasan mengapa menyewa sepeda di Jepang adalah ide yang bagus ketika Anda sedang berlibur di negara tersebut.

  • Fleksibilitas dan kebebasan

Bersepeda memberi Anda kemampuan untuk bersikap fleksibel dengan rencana perjalanan Anda. Anda tidak terikat dengan jadwal transportasi umum atau terjebak menangani lalu lintas. Jika Anda menemukan tempat yang Anda sukai, Anda bisa berlama-lama di lokasi tersebut.

Berbicara tentang menemukan tempat yang Anda sukai, bersepeda berarti Anda berada di jalan secara bebas. Jika Anda berkendara melewati kedai ramen yang menggugah selera, Anda bisa langsung masuk.

  • Terjangkau dan ramah lingkungan

Penyewaan sepeda adalah metode transportasi yang sangat hemat biaya. Tidak perlu khawatir tentang biaya tiket transportasi atau harga bensin — setelah Anda membayar untuk menyewa sepeda, tidak ada biaya tersembunyi yang harus Anda tanggung. Ada juga faktor ramah lingkungan: tidak ada emisi, tidak ada polusi — cukup kayuh dengan tenaga Anda!

2. Di mana Anda dapat menyewa sepeda?

Jika Anda memutuskan ingin bersepeda di Jepang, pertanyaan logis berikutnya adalah “di mana saya bisa menemukan sepeda untuk disewa?” Berikut adalah beberapa petunjuk tentang tempat mencarinya.

  • Pusat wisata (tourism centers)

Jika Anda mengunjungi tempat wisata populer, periksa pusat informasi wisata untuk mengetahui apakah mereka menawarkan persewaan sepeda. Sepeda di tempat tersebut biasanya disewa dalam blok per jam atau sehari penuh, dengan beberapa ratus yen per jam atau sekitar 1.000-1500 yen sehari tergantung pada lokasi. Pembayaran untuk sewa sepeda di pusat-pusat ini seringkali hanya tersedia secara tunai, jadi bawalah uang cash.

Jika pusat wisata tidak menyewa sepeda, mereka biasanya dapat mengarahkan Anda ke tempat yang persewaan yang ada.

  • Opsi sepeda kota

Banyak kota di Jepang yang mengikuti tren bersepeda; perusahaan berbagi sepeda di pusat kota menjadi pemandangan biasa. Layanan ini biasanya memiliki beberapa titik penjemputan dan pengantaran, membuatnya mudah untuk memulai di satu lokasi dan selesai di tempat lain jika diinginkan. Kartu kredit internasional, termasuk Visa dan MasterCard, sering diterima untuk fasilitas ini.

Japan Travel Bike adalah salah satu opsi berbagi sepeda dan proses menyewa sepeda melalui layanan ini sangatlah mudah. Pertama, Anda membeli tiket masuk; lalu Anda membuka kunci sepeda di salah satu dari beberapa lokasi penyewaan sepeda; dari sana, maka Anda siap menjelajah! Japan Travel Bike beroperasi di banyak kota besar Jepang termasuk Tokyo, Osaka, Sapporo, dan Yokohama.

  • Di tempat penginapan Anda

Jika Anda membutuhkan sepeda, Anda juga dapat memeriksa di tempat Anda menginap. Semakin banyak hotel dan ryokan yang menawarkan sepeda untuk digunakan oleh tamu, baik secara gratis atau dengan harga yang wajar. Ini biasanya disediakan dengan sistem siapa cepat dia dapat, dan beberapa akan memerlukan reservasi sebelumnya saat memesan kamar.

  • Toko sepeda independen

Di luar pilihan yang telah disebutkan sebelumnya, Anda juga dapat menyewa sepeda dari toko sepeda independen. Sebaiknya hubungi atau kirim email ke toko tersebut untuk mengetahui detailnya, terutama jika Anda mencari sepeda dengan spesifikasi yang khusus.

Itulah beberapa cara menyewa sepeda di Jepang dan contoh lokasi dimana Anda dapat menemukannya. Menggunakan sepeda adalah salah satu cara terbaik ketika Anda ingin liburan santai di Jepang. Jika Anda ingin pengalaman liburan di Jepang yang lebih mengesankan, Anda dapat mengikuti paket wisata ke luar negeri yang ditawarkan oleh agen perjalanan yang ada di kota Anda.