Cara Mengolah Sampah Plastik Menjadi Bensin yang Ramah Lingkungan

Masih belum tahu cara mengolah sampah plastik menjadi bensin?.Nah,maka dari itu mencoba cara mengolah sampah plastik menjadi bensin berikut.sebelum cara pengolahannya simak baik-baik pengertian sampah plastik berikut yaa.

Pengertian Sampah Plastik

Sampah plastik adalah semua barang bekas atau tidak terpakai yang bahan kimianya tidak dapat dihasilkan. sebagian besar sampah plastik yang digunakan sehari-hari biasanya digunakan untuk kemasan.

Jenis-jenis Sampah Plastik

1.Cara Mengolah Jenis Sampah Plastik- PETE atau PET (Polyethylene Terephthalate)

Berikut jenis plastik yang biasa digunakan sebagai bahan botol plastik untuk air minum dalam kemasan dan tidak berwarna atau transparan. Penggunaannya juga cocok untuk pakai saja, sehingga tidak disarankan untuk sering mengisi udara hangat apalagi udara panas.

Meskipun benar-benar aman karena tidak mengandung BPA, kontak dengan suhu tinggi dapat meracuni makanan/minuman dengan antimon dan logam beracun.

2.Cara Mengolah Jenis Sampah Plastik- HDPE atau PEDH (High Density Polyethylene)

Botol plastik ini juga biasa digunakan untuk minuman dan cenderung memiliki kemasan berwarna putih susu. Sama seperti plastik PETE atau PET, plastik HDPE juga direkomendasikan untuk sekali pakai dan kemudian dibuang

Meski tampak aman, ternyata plastik polietilen densitas tinggi juga menyebabkan zat kimia estrogen membahayakan bayi yang belum lahir. Jenis plastik ini sering digunakan dalam berbagai kemasan seperti botol jus dan deterjen, botol sampo dan tas belanja.

3.Cara Mengolah Jenis Sampah Plastik- PVC atau V (polivinil klorida)

Jenis plastik ini adalah yang paling sulit untuk didaur ulang dibandingkan dengan bahan lainnya. Bentuknya fleksibel atau kaku dan biasa digunakan untuk pipa, plastik pembungkus makanan, mainan, dan lantai vinyl.

Selain merusak ginjal dan hati, zat yang disebut DEHP dalam PVC juga dapat mempengaruhi hormon pria menjadi wanita.

4.Cara Mengolah Jenis Sampah Plastik- LDPE atau PE-LD (Low Density Polyethylene)

Plastik LDPE umumnya memiliki standar food grade yang artinya baik untuk berbagai makanan dan minuman. Plastik ini paling mudah didaur ulang dan sangat cocok untuk kemasan yang kuat dan fleksibel [3].

Meskipun tidak mengandung BPA, plastik LDPE dapat menyebabkan estrogen berbahaya. Produk plastik kemasan ini biasanya berupa kantong roti, kantong sampah, karton susu, dan gelas minuman.

5.Cara Mengolah Jenis Sampah Plastik- PP (Polypropylene)

Simbol PP digunakan untuk plastik polypropylene. Misalnya wadah makanan/minuman, botol minuman, kaleng yoghurt, sedotan plastik, selotip, dan tali plastik [3].

Barang-barang plastik dengan simbol ini digunakan sebagai wadah makanan dan minuman, karena terbuat dari polipropilen yang sangat kuat dan benar-benar aman digunakan bahkan pada suhu tinggi.

6. PS (Polistirena)

Plastik ini banyak digunakan sebagai tempat minum dan makan styrofoam, tempat telur, sendok/garpu plastik dan pembungkus busa untuk bahan bangunan (bahan lantai).Namun, PS sangat berbahaya ketika mengalami reaksi panas karena menghasilkan karsinogen penyebab kanker.

7. Lainnya atau O

Arti lainnya adalah jenis plastik yang tidak termasuk dalam klasifikasi enam kode sebelumnya. Penggunaan plastik ini untuk makanan atau minuman sangat berbahaya, karena dapat menghasilkan racun bisphenol A (BPA) yang dapat merusak banyak organ dan mengganggu hormon tubuh.

Cara Mengolah Sampah Plastik Menjadi Bensin

Cara Mengolah Sampah Plastik Menjadi Bensin

Menurut banyak aktivis, secara umum mekanisme konversi sampah plastik menjadi bahan bakar menggunakan metode pirolisis, yaitu memanaskan plastik pada suhu di atas 400 °C tanpa oksigen. Pada suhu ini, plastik akan meleleh dan kemudian berubah menjadi gas. Selama proses tersebut, rantai rantai yang panjang akan dipotong menjadi rantai pendek.

Proses selanjutnya adalah pendinginan yang dilakukan pada gas sehingga gas mengembun dan membentuk cairan. Cairan ini akan digunakan sebagai bahan bakar, baik berupa bensin maupun solar. 

Mesin yang digunakan untuk mengolah plastik menjadi bahan bakar ini dibagi menjadi dua bagian yang diletakkan di sebuah tabung di tengahnya. Untuk menjalankan alat yang disebut MD Plast, dibutuhkan 15 kg sampah plastik padat atau 20 kg untuk dimasukkan ke dalam tabung reaktor.

Tabung reaktor terlihat seperti wadah besi berbentuk kotak yang dapat diisi langsung dengan sampah plastik. Setelah sampah plastik siap, tabung reaktor diletakkan di atas burner di ujung kanan mesin. Proses pembakaran sampah plastik memakan waktu sekitar empat jam.

Selanjutnya hasil pembakaran sampah plastik melewati pipa pendingin dan uap tersebut mengalami proses sublimasi hingga berubah menjadi cair. Cairan inilah yang menjadi minyak mentah, cikal bakal bahan bakar minyak.

Saat mencapai tahap cair, akan ada proses pemanasan lain yang dilakukan untuk menentukan apakah minyak mentah akan berubah menjadi minyak tanah, bensin, atau solar. Proses pemisahan partikel minyak menjadi tiga nozzle, dan hasil akhirnya dibuang melalui tiga tap di masing-masing nozzle. 

Baca Juga: Cara Mengolah Sampah Plastik Melalui Proses Daur Ulang

Nah, itu tadi cara mengolah sampah plastik menjadi bensin yang bisa anda coba di rumah atau di lingkungan masyarakat agar sampah plastik tidak menjadi penyebab pencemaran lingkungan serta sampah plastik dapat lebih bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari.