Bagaimana Cara Membuat Minyak Klentik Sederhana

 

cara membuat minyak klentik sederhana

Cara membuat minyak klentik sederhana – Minyak klentik adalah minyak yang berasal dari daging buah kelapa dan dikenal luas memiliki banyak kegunaan, mulai dari obat luar penyakit kulit hingga suplemen untuk menyehatkan tubuh.

Minyak klentik, atau minyak kelapa, tidak hanya digunakan untuk memasak. Minyak kelapa memiliki beragam manfaat kesehatan yang juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda, mulai dari menurunkan berat badan hingga menjaga kesehatan jantung.

Buah kelapa dapat diolah tidak hanya menjadi berbagai makanan, tetapi juga menjadi minyak kelapa (coconut oil). Minyak kelapa yang baik adalah minyak kelapa murni, bukan minyak kelapa murni.

Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas minyak kelapa telah meningkat. Dari produsen makanan hingga produsen kosmetik, mereka berlomba-lomba untuk menghasilkan bahan-bahan alami tersebut dalam produknya.

Minyak kelapa ini memiliki banyak manfaat, mulai dari kecantikan hingga kesehatan. Tidak diragukan lagi, perusahaan besar bersaing untuk produksi massal produk minyak kelapa. Kandungan asam lemak pada minyak kelapa dapat digunakan sebagai obat penyakit alzheimer.

Meski banyak produk jadi sudah ditemukan di pasaran, tidak ada salahnya menggunakan alat dan bahan sederhana untuk membuat minyak klentik ini sendiri di rumah.

Baca Juga : Begini Proses Penyulingan Air Laut Dengan Teknologi Sederhana

Cara membuat minyak klentik sederhana

Ada beberapa cara membuat minyak klentik yang dapat anda praktekkan di rumah. Simak ulasan singkatnya dibawah ini.

Cara pertama adalah tanpa pemanasan

Cara pembuatan minyak kelapa yang pertama ini menghasilkan warna yang cerah dan sering disebut sebagai minyak kelapa murni. Siapkan kelapa tua yang sudah dikupas dan ikuti langkah-langkahnya dengan seksama:

  • Parut kelapa dan peras santannya (Anda juga bisa menambahkan sedikit air untuk membuat santan lebih banyak).
  • Masukkan santan ke dalam kantong plastik dan diamkan selama 1-2 jam hingga terbentuk 2 lapisan, yaitu santan di bagian atas dan air di bagian bawah.
  • Buat lubang di bagian bawah plastik agar air bisa terpisah dan terbuang.
  • Tuang santan kental ke dalam wadah plastik, tutup rapat, dan simpan di suhu ruangan, terhindar dari sinar matahari, selama 24 jam.
  • Setelah 24 jam, terbentuk tiga lapisan, yaitu minyak kelapa (atas), santan (tengah), air (bawah).
  • Tuang minyak bagian atas ke dalam wadah yang dialasi kain bersih atau kain lembab yang tidak berbau untuk memisahkan minyak dari santan.

Anda juga dapat menempatkan wadah di kompartemen freezer dari lapisan ketiga atas yang telah dibekukan. Keluarkan bagian yang beku dan ulangi langkah di atas dengan serbet atau kain bersih. Tetesan minyak yang dihasilkan disebut virgin coconut oil (VCO).

Artikel lain yang mungkin anda tertarik Cara Membuat Boba tanpa Tepung Tapioka, Mari Kita Cobaa

Cara kedua membuat minyak klentik yaitu dengan menggunakan pemanasan

Cara kedua untuk mengubah daging kelapa menjadi mentega adalah dengan terlebih dahulu memanaskan santan. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Parut ampas kelapa dan peras santannya (bisa juga ditambahkan sedikit air agar santannya lebih banyak).
  • Masak santan dengan api kecil selama 2-3 jam. Aduk santan dari waktu ke waktu agar tidak gosong.
  • Setelah santan berubah warna menjadi coklat dan kental, minyak kelapa mulai muncul di atas santan.
  • Matikan api dan biarkan pada suhu kamar.
  • Jika sudah tidak panas, pindahkan mentega ke wadah yang dilapisi kain bersih atau tisu tanpa pewangi untuk memisahkan mentega dari santan.
  • Cara kedua ini menghasilkan minyak berwarna kuning. Meskipun demikian, hasil minyak ini tetap digunakan untuk kesehatan dan kecantikan.

Minyak kelapa buatan sendiri di atas dapat disimpan hingga 8-10 bulan pada suhu kamar. Minyak harus ditempatkan dalam wadah tertutup rapat untuk mencegah bakteri masuk dan merusak kualitas minyak itu sendiri.

Baca Juga : Simak Cara Pengeringan Kopra Putih Agar Mendapatkan Hasil Bagus

Manfaat Minyak klentik Bagi Kesehatan Tubuh

Minyak kelapa atau minyak klentik baru-baru ini dinobatkan sebagai makanan super karena banyak manfaat kesehatannya. Apalagi ketika kesadaran kesehatan masyarakat meningkat selama pandemi ini, permintaan minyak kelapa murni melonjak. Yuk simak penjelasan singkatnya yang telah kami rangkum dari berbagai sumber dibawah ini:

  • Mencegah penyakit jantung.
  • Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Memiliki kandungan antioksidan yang baik.
  • Maksimalkan program diet untuk menurunkan berat badan
  • Menjaga kesehatan kulit, rambut dan gigi.

Semua manfaat minyak klentik sangat banyak dan memiliki efek samping. Namun, minyak klentik yang hanya digunakan sebagai obat herbal tidak dianjurkan untuk pengobatan jangka panjang. Anda perlu berkonsultasi dengan ahli kesehatan atau dokter jika ingin mengonsumsinya dalam jangka panjang.

Jika Anda memiliki alergi atau masalah kesehatan lainnya, segera hubungi profesional kesehatan atau dokter terdekat.

Selanjutnya artikel menarik jangan sampai terlewatkan Apa Saja Khasiat Buah Pinang dan Budidaya Tanaman Pinang