Cara Membuat Kue Cakwe Goreng Dengan Mudah

Halo sobat semuanya, pada artikel saya kali ini. Saya ingin berbagi dengan teman-teman semua cara membuat kue cakwe goreng, biasanya sobat sekalian hanya makan cakwe kan? Dengan artikel ini, semoga bisa membantu teman-teman membuat cakwe goreng sendiri.

Selain itu, jangan khawatir tidak bisa mengikutinya karena tentu saja dalam artikel ini sobat dapat dengan mudah mengikuti langkah-langkahnya. Jadi teman-teman bisa membuat cakwe goreng yang banyak, hehe.

Tapi sebelum saya mendalami cara membuat cakwe goreng, saya ingin sedikit membahas tentang cakwe goreng ini. Agar sobat tidak hanya bisa membuat cakwe, tapi juga memiliki wawasan tentang cakwe goreng ini.

Tanpa perlu banyak kata serta basa-basi lagi, langsung saja kita masuk ke pembahasan cakwe goreng ini.

Cakwe Goreng

cara membuat kue cakwe goreng

Cakwe goreng adalah makanan ringan yang berasal dari Cina. Makanan ini tercipta dari tragedi sejarah kuno, yang bisa dibilang cukup kelam. Cakwe lahir sebagai bentuk protes publik terhadap Kerajaan Cina pada masa Dinasti Song.

Meski awal penciptaan cakwe ini cukup gelap, cakwe goreng ini sebenarnya sangat populer. Makanan ini juga tersebar di berbagai negara lain dengan nama dan rasa sesuai khasanah negara tersebut. Hal ini bisa terjadi karena banyak orang Tionghoa yang berhijrah dan menyebarkan makanan ini.

Di negara asalnya, makanan ini lebih sering disebut Youtiao dan tentunya dengan penyajian yang berbeda. Cakwe biasanya disantap dengan bubur panas.

Cara Membuat Cakwe Goreng

cara membuat kue cakwe goreng

Setelah berbicara sedikit tentang cakwe goreng sebelumnya, sekarang saatnya saya membahas cara membuat cakwe goreng. Diskusi ini tentu yang anda tunggu-tunggu bukan? Hehe.

Langsung saja, tanpa perlu banyak kata serta tanpa basa-basi lagi. Berikut cara membuat cakwe goreng dengan mudah.

Bahan-bahan :

2 sendok teh ragi instan
200 ml air
jumlah minyak yang benar)
1 sendok makan gula
1/2 sendok teh baking powder
1 sendok teh garam halus
1 siung bawang putih
250 gram tepung protein sedang
50 gram tepung terigu protein rendah

Bahan untuk membuat saus :

1/2 sendok teh garam
1 sdm saus tomat botolan (bisa pakai merk apa saja)
1 sdm saus sambal botolan (bisa pakai merk apa saja)
1 siung bawang putih (haluskan)
1 sendok teh tepung maizena
3 sdm gula pasir

Langkah pembuatan :

  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencampurkan ragi instan yang sudah disiapkan sebelumnya dengan air kemudian diamkan beberapa saat.
  2. Setelah itu, campurkan semua bahan kering yang sudah disiapkan sebelumnya dengan bawang putih dan lanjutkan dengan larutan ragi yang sudah jadi dan disiapkan sebelumnya.
  3. Selanjutnya, aduk adonan hingga kalis. Kemudian tutup adonan dengan kain selama kurang lebih 15 menit.
    Kemudian aduk dan uleni adonan lagi, bentuk bola dan tutup dengan kain selama 6 jam lagi. Ini akan memungkinkan adonan mengembang.
  4. Langkah selanjutnya, taburi tepung di atas roller board dan giling adonan yang sudah jadi setebal 0,5 cm.
    Kemudian potong adonan menjadi kira-kira berukuran 4×10 cm.
  5. Selanjutnya, taburi sedikit tepung lagi dan tumpuk adonan menjadi 2 tumpukan. Juga, pastikan untuk mencubit bagian tengahnya agar tidak menyatu sepenuhnya.
  6. Kemudian dilanjutkan membuat dan membentuk adonan menjadi agak melar.
  7. Selanjutnya goreng adonan dalam minyak panas sampai berwarna coklat kekuningan.
  8. Cakwe sudah siap, tapi kita belum membuat sausnya. Untuk sausnya, rebus saus sambal, saus tomat, garam, gula, tomat dan bawang putih bersama-sama dalam air panas.
  9. Kemudian tuang tepung maizena yang sebelumnya dilarutkan dengan 2 sendok makan air. Masak hingga berbuih.
  10. Setelah kuahnya siap, cakwe goreng bisa disantap bersama kuahnya.

Itulah tadi artikel tentang cara membuat kue cakwe goreng. Semoga artikel ini dapat membantu sobat semua yang sedang mencari atau tertarik dengan kue cakwe goreng.

Oh ya, jangan lupa kunjungi dan baca juga artikel lainnya di website ini ya!, Sampai jumpa di kesempatan dan kesempatan berikutnya ya!.