Cara Membersihkan Strap Jam Tangan Berbahan Karet Yang Kusam

Ada banyak sekali jenis dan merk jam tangan yang dijual dan dipakai oleh banyak orang baik laki-laki maupun perempuan. Merk-merk tersebut diantaranya adalah merk ternama seperti jam tangan Casio, Tag Heuer, Rolex, Audemars Piguet, hingga Seiko. Berbagai merk jam tangan tersebut memiliki banyak jenis dan pilihan jam tangan dengan berbagai ciri khasnya masing-masing.

Jenis jam tangan sendiri bermacam-macam bergantung pada dilihat dari berbagai segi seperti jenis strap, tampilan waktu, dan sebagainya. Untuk jenis strap jam tangan biasanya ada beberapa jenis strap yang banyak digunakan seperti strap karet, stainless steel, hingga kulit. Semua jenis bahan strap jam tangan tersebut tentunya memiliki ciri khasnya masing-masing yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Dari semua jenis bahan yang digunakan untuk jam tangan, bahan karet atau resin merupakan yang paling umum digunakan. Namun, bahan karet atau resin juga tergolong jenis strap yang mudah sekali kotor dan kusam karena debu dan keringat. Oleh karenanya, untuk membuat jam tangan yang memiliki strap yang berbahan karet agar tidak kusam lagi bisa mengikuti langkah berikut:

Buatlah campuran cairan untuk membersihkan strap

Pertama yang harus dilakukan untuk memulai menghilangkan kusam pada strap jam tangan karet adalah membuat campuran larutan pembersih. Bahan yang diperlukan untuk membuatnya cukup sederhana yaitu air hangat, cairan pembersih, serta air perasan jeruk nipis. Campurkan ketiga bahan tersebut dalam wadah dan diaduk sedikit agar ketiga bahan tersebut tercampur merata.

Uji coba terlebih dahulu ketahanan strap berbahan karet

Kedua, sebelum memulai untuk membersihkan strap berbahan karet ada baiknya dilakukan uji coba ketahanan strap jam tangan terlebih dahulu. Pengujian ini dilakukan dengan cara mencampurkan cairan pembersih, jeruk nipis, serta air hangat lalu dioleskan pada strap karet. Jika beberapa saat, setelah diolesi campuran tersebut, ternyata strap berbahan karet tidak mengelupas atau berubah warna berarti aman.

Lepas strap jam tangan lalu rendam dalam campuran pembersih

Ketiga, setelah uji coba dilakukan dan hasilnya aman, maka selanjutnya lepaskan strap jam tangan dan pisahkan dari jam tangan. Setelahnya, siapkan air hangat bersih dalam wadah kemudian rendam kedua strap jam tangan dalam wadah yang berisi air hangat tersebut. Rendam strap jam tangan yang berbahan karet selama beberapa saat dan biarkan sebelum lanjut ke langkah selanjutnya.

Sikat menggunakan sikat gigi bekas

Keempat, setelah direndam beberapa saat dalam air hangat, kemudian langkah selanjutnya adalah sikatlah strap jam tangan tersebut. Untuk menggosok strap jam tangan, gunakan sikat gigi bekas dan sikatlah secara menyeluruh di permukaan strap berbahan karet tersebut. Setelah itu, celupkan lagi strap yang sudah disikat ke dalam air hangat kemudian ulangi proses tersebut hingga kusamnya hilang.

Lap dengan kain basah lalu bilas strap jam tangan

Kelima, setelah disikat dengan bersih, selanjutnya strap jam tangan harus dilap dan digosok menggunakan kain basah. Basahi kain dengan menggunakan campuran larutan pembersih sebelumnya dan gosoklah permukaan strap jam tangan tersebut dengan halus. Kemudian setelah dilap dengan menggunakan kain basah, bilas strap jam tangan dengan menggunakan air bersih.

Keringkan dengan kain bersih dan angin

Terakhir, setelah strap jam tangan dilap dan dibilas, lap dan keringkan dengan menggunakan kain kering dan bersih. Lalu setelah dilap, biarkan strap jam tangan kering atau jemur dengan diangin-anginkan serta hindari dijemur di bawah sinar matahari langsung.