Cara Jitu Agar Terhindar dari Mafia Tanah!

 

Lakukan hal ini agar terhindar dari Mafia Tanah

Apakah anda pernah mendengar kasus ketika orang membeli tanah, taunya tanah tersebut bersengketa? Atau anda pernah dengar cerita mengenai kepemilikan tanah atau properti yang tiba-tiba berpindah tangan? Biasanya, itu karena mafia tanah. Buat anda yang saat ini sedang mengincar dan ingin membeli tanah atau properti, anda harus- hati dengan keberadaan para mafia tanah ini !

Ketika membeli tanah atau properti anda pasti berniat untuk ditinggali atau sebagai investasi. Namun, kalau anda membeli atau menjual properti yang sudah dimiliki ke mafia tanah, di keesokan hari anda pasti kelelahan karena tanah yang anda miliki ternyata berpotensi bersengketa atau kepemilikannya berpindah.

Nah, supaya hal ini nggak terjadi pada anda, sebelum membeli dan menjual tanah anda harus mengikuti beberapa cara ini. Berikut beberapa cara jitu agar anda tidak terjebak oleh tindakan para mafia tanah yang berbahaya!

Sedang mencari kusen aluminium? Klik di kusen aluminium malang

Pastikan untuk Mengecek Keaslian Sertifikat terlebih dahulu

Sertifikat bisa saja langsung diperlihatkan ke anda oleh penjual ketika anda akan membeli property atau tanah. Namun, jangan tertipu. Bisa saja itu sertifikat yang dibuat mafia tanah dan palsu. Sebelum anda menyetujui untuk membeli tanah atau property anda harus mengecek keaslian sertifikat tanah tersebut terlebih dahulu ke Badan Pertanahan Nasional dan daerah. Saat ini, anda juga bisa mengecek sertifikat tanah secara online.

 

Hindari untuk meminjamkan Sertifikat anda

Meminjamkan sertifikat tanah anda maupun properti anda ke siapa pun adalah sebuah larangan. Anda tidak akan tahu apakah orang yang anda pinjamkan tersebut adalah mafia tanah atau bukan. Memberikan sertifikat tanah ke orang lain hanya akan membuat seseorang memperoleh kesempatan untuk menjadi mafia tanah dengan memalsukan sertifikat yang ada pinjamkan sampai bisa mengganti kepemilikan dari tanah ataupun properti yang ada di sertifikat anda.

 

Perhatikan Tanda Batasan Tanah

Selain dengan surat tanah atau sertifikat, anda harus memberikan tanda kepemilikan terhadap tanah yang anda punya dengan memberi tanda batasan yang sangat jelas. Contohnya, anda bisa menggunakan kawat,besi,dll. Lalu membuat pagar dengan itu. karena biasanya tanah yang tidak memiliki batasan jelas sering dimanfaatkan oleh mafia tanah agar dibuatkan sertifikat palsu dengan memisahkan sebagian area luas tanah yang anda miliki.

 

Hindari bertemu dengan perantara, sebaiknya bertemu langsung dengan pembeli atau penjual

Jika anda ingin melakukan proses transaksi jual beli tanah, pastikan anda bertemu langsung dengan pembeli atau penjualnya, hindari melalui perantara untuk melakukan negosiasi. Jangan mau apabila pembeli atau penjual tempat anda melakukan transaksi menawarkan perwakilan karena bisa jadi itu merupakan kawanan mafia tanah yang ingin menipu anda.

Butuh jasa pembuatan kusen? Klik di jasa pembuatan kusen aluminium malang

Memilih Jasa Notaris yang Bagus dan Terpercaya

Ketika anda ingin Memakai jasa notaris untuk mengurus proses pembelian atau penjualan tanah itu memang terlihat lebih praktis dan aman. Namun, anda tetap harus waspada. Karena beberapa notaris ternyata ada yang merupakan bagian komplotan dari mafia tanah. Agar tidak bertemu atau terhindar dari notaris yang seperti itu, dari awal anda harus selektif ketika ingin memakai jasa notaris. Pastikan anda memilih notaris yang terpercaya, professional dan sudah memiliki reputasi baik.