7 Manfaat Bermain Game Football Manager

Game football Manager menjadi salah satu permainan dan software favorit untuk pecinta sepak bola sejagad raya ini.

Game Bola yang hanya menitikberatkan pada keterampilan memanajemen suatu klub menjadi salah satu permainan “addictive” yang bisa mengakibatkan kecanduan akut.

Meski saat ini telah banyak game lain yang serupa dengan game besutan Eidos dan Sports Interactive tersebut, tetap saja Football manager masih yang terdepan.

Sayangnya harga game ini tidak murah, di google store untuk software ini hingga ratusan ribu rupiah untuk mendapatkannya. Walau begitu masih banyak peminat permainan yang mulai berkembang di akhir 1990an itu.

Sama seperti game komputer atau Game Bola Android lainnya, persepsi masyarakat dunia juga sebagian besar negatif seperti merusak mata, mengganggu performa kerja sampai mengganggu hubungan sebab kecanduan game.

Akan tetapi bila di anggap positif khususnya untuk masyarakat di Indonesia, permainan Football Manager dan game lainnya memiliki beberapa manfaat. Berikut 7 manfaat permainan Football Manager:

1. Penghilang stres
Bagi pecandu sepak bola, bermain football manager secara normal atau tanpa software modifikasi seperti “Football Manager Modified” pasti akan mengasyikkan. Bahkan di saat banyak persoalan dengan memanajeri klub kesayangan dapat menjadi penghilang stres. Ini sudah diperlihatkan di sejumlah komunitas game itu yang menjadikan sebagai obat galau atau kebuntuan.

2. Mengenal dunia sepak bola lebih dalam
Bagi orang awam tetapi tertarik menelaah dunia sepak bola, game Football Manager menjadi pilihan yang tepat. Sebab nama pemain dan segala seluk beluknya adalah original asli yang ada di dunia. Meski secara keterampilan tidak seperti yang sebenarnya. Setidaknya untuk yang biasa ikut kuis sepak bola, game ini bisa jadi rujukan.

3. Membantu penelusuran bakat pemain
Meski hanya sebuah game, Football Manager juga dapat dipakai pelatih atau kesebelasan pencari bakat untuk mencari pemain bertalenta. Game ini jadi rujukan sebab dalam menyusunnya, kesebelasan pembuat game melakukan  beragam riset dan peninjauan ke lapangan untuk meyakinkan nama pemain atau klubnya. Tidak sedikit pelatih dunia menjadikan game Football Manager sebagai rujukan pertama dalam mencari pemain, terutama tipe wonderkid atau pemain yang akan berkelas dunia. Hasilnya Messi, Ronaldo, Kaka, Neymar adalah segelintir pemain yang hadir di game sebagai wonderkid kemudian bercahaya jadi superstar.

4. Membantu melancarkan bahasa Inggris
Konyol memang namun dengan sering bermain game itu akan membantu pemahaman dalam berbahasa Inggris. Sebab dengan konten yang terdiri hanya tulisan dan gambar, lalu dimainkan berulang-ulang pastinya akan meningkat kosakata dari Bahasa Inggris. Sekaligus juga dapat memberikan keberanian saat menuntaskan tugas atau translate Bahasa Inggris.

5. Melatih diri jadi pelatih kesebelasan sepak bola
Meski ini sekedar game simulasi tetapi upaya kita mengajar sebuah tim lalu mendesain posisi sampai pemilihan pemain bisa sebagai modal menjadi pelatih. Saat ini banyak juga pelatih sepak bola khususnya tingkat wilayah salah satu menambah pengetahuan strateginya melalui game tersebut.

6. Untuk dunia usaha mengajar jadi manajer perusahaan
Bila dilihat di game ini anda tidak diberi wewenang sebagai pimpinan atau presiden klub tetapi lebih untuk manajer. Dengan menjadi manajer beberapa strategi harus dilakukan yakni dalam hal kepelatihan, keuangan, kepegawaian sampai strategi pemasaran. Bila ini dikaitkan dengan suatu perusahaan akan berfungsi untuk sedikit meningkatkan ilmu manajerial.

7. Secara virtual dapat mengelilingi dunia
Bermain Football Manager juga memudahkan kita memahami nama kota, wilayah di seluruh dunia. Hal ini tampak dari nama-nama asal klub yang berlaga atau kota kelahiran pemain dan pelatih. Biasanya kota yang asing untuk pemain Football Manager bisa langsung dikenal.

Itulah manfaat positif dari bermain Football Manager. Diharapkan ini dapat mencegah pandangan skeptis masyarakat pada game tersebut.